ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GURU UNTUK MENGGUNAKAN ASURANSI SYARIAH DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Handry Cahyopy Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heri Sunandar Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Trian Zulhadi Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12764

Keywords:

Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Religiusitas, Minat

Abstract

Peran asuransi syariah sebagai lembaga keuangan non-bank berbasis syariah di era perkembangan industri perekonomian yang semakin pesat dirasa sangat dibutuhkan oleh manusia untuk meringankan beban terhadap kemungkinan resiko yang terjadi. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana minat para guru untuk menggunakan asuransi syariah di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriftif kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik angket serta dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 389 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan SmartPLS 3.0 M3. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, faktor psikologis dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat guru untuk menggunakan asuransi syariah di Kota Pekanbaru. Sedangkan variabel faktor sosial dan faktor pribadi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat guru untuk menggunakan asuransi syariah di Kota Pekanbaru. Variabel religiusitas menjadi variabel paling dominan yang mempengaruhi minat dengan nilai effect size paling tinggi sebesar 0.333. Selanjutnya nilai R-square yang dihasilkan sebesar 0.683, ini berarti pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 68,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Willy., & Hartono, Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Andi. Yogyakarta.

Ancok, Dzamaluddin., & Suroso, Fuat Nashori. 2005. Psikologi Islami : Solusi Islam Atas Problem-problem Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arnold, Erick J., & Thompson, Craig J. 2005. Consumer Culture Theory (CCT): Twenty Years of Research. Journal of Consumer Research, 31(4), p. 868-882.

Batubara, Mahda Annisa. 2019. Analisis Literasi Asuransi Syariah pad Guru Ummul Quraa. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Cannon, Joseph P., Perreault, William D. ., & McCarthy, E. Jerome. 2008. Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Salemba Empat. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam., & Latan, Hengky. 2015. Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro. Semarang.

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama: Memahami Perilaku Dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi. Rajawali Pers. Jakarta.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Khairiyah, Nurul Musfirah., Hasriani., & Arazy, Dito Rozaqi. 2022. Faktor Psikologis dan Rasionalis yang Mempengaruhi Ketertarikan Mahasiswa Menabung di Bank Syariah. JESYA : Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 5(2), p. 2239-2249.

Kotler, Philip dan Manstrong, Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-8 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., & McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran. Edisi Ke-1. Salemba Empat. Jakarta.

Mappiare, Andi. 1994. Psikolagi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian dan Pendidikan. Usana Offsetprinting. Surabaya.

Pramudya, Rama Muhamad., & Rahmi, Mira. 2022. Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah. JIEFeS : Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), p. 70-87.

Sari, Indah., Sirait, Nurbaiti., & Inayah, Nurul. 2022. Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas terhadap Minat Mengikuti Asuransi Dana Pendidikan pada Perusahaan Asuransi Syariah. ManBiz : Journal of Management & Business, 2(1), p. 81-95.

Setiadi, Nugroho J. 2018. Perilaku Konsumen. Cetakan Ke-5 Edisi Revisi. Kencana Prenada Group. Jakarta.

Subagiyo, Rokhmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam : Konsep dan Penerapan. Alim’s Publishing. Jakarta.

Suprihati, Sumadi., & Tho’in, Muhammad. 2021. Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 443-450.

Suryadi. 2018. Analisis Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Minat Nasabah Menabung di KSSPS BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung di Kabupaten Lampung Timur. FIDUSIA : Jurnal Ilmiah Keuangan dan Perbankan, 1(1), p. 14-26.

Susanti, Sartika., Hasan, Muhammad., Ahmad, M. Ihsan Said., & Marhawati. 2018. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Universitas Negeri Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi.

Zulas, Khairani Rizka., Sari, Nilam., & Nanda, T. Syifa Fadrizha. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Faktor Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah di Kota Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), p. 1-16.

Downloads

Published

2023-06-25