PROBLEMATIKA PROFIT ORIENTED DALAM MEMPENGARUHI KUALITAS BANK SYARIAH DI KOTA MEDAN

Authors

  • Rahmayati Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Efri Kurnia Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutia Khaira Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).11140

Keywords:

Profit Oriented, Banik Syariah, Kualitas Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan permasalahan profit oriented terhadap kualitas bank syariah di kota medan. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan jenis data primer, populasi dalam penelitian ini ialah nasabah bank syariah di kota medan yaitu di Bank Muamalat Cabang Medan Balai Kota, Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan, berjumlah 110 nasabah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (profit oriented) terhadap variabel Y (kualitas bank syariah). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu responden setuju bank syariah bersifat masih bersifat profit oriented artinya nasabah yang mengisi kuesioner mereka berpandangan bahwa bank syariah itu memberikan keuntungan kepada mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, Sandi., & Syahputra, Mirza. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Dumai Sukajadi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), p. 1250–1257.

Anisah, Nur. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Deposito Mudharabah Bank Syariah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 1(2), p. 169-186.

Cahyani, Putri Dewi. 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta. Esensi : Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), p. 151–162.

Candrakusuma, Mushlih. 2018. Implementasi Setengah Hati Perbankan Syariah di Indonesia. Seminar Nasional Dan Call For Paper II I Fakultas Ekonomi, p. 290–300.

Fadhila, Novi. 2015. Analisis Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Laba Bank Syariah Mandiri. Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), p. 65–77.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Lubis, Akrim Ashal. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PP. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(02), p. 1–11.

Masitha, Annisa., & Yuspin, Wardah. 2020. Paradigma Profit and Loss Sharing: Hambatan dan Peluang dalam Pembiyaan Musyarakah. Annual Conference On Ihtifaz: Islamic Economics, Finance, and Banking, p. 71-83.

Miftah, Ahmad. 2016. Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), p. 15–20.

Padmantyo, Sri. 2020. Analisis Manajemen Laba Pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia). Benefit : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), p. 46–70.

Pradesyah, Riyan., & Al Bara. 2020. Analisis Pembiayaan Usaha di Bank Syariah. SCENARIO (Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora), p. 604–609.

Pramuka, Bambang Agus. 2010. Faktor-Faktor Yang Berpegaruh Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP), 7(1), p. 63-79.

Rahmayati. 2017. Optimalisasi Skema Bagi Hasil Sebagai Solusi Pembiayaan Berdasarkan Prinsip Bagi Hasil Bank Syariah Di Indonesia. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Suliyanto. 2017. Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), p. 223–232.

Usanti, Trisadini Prasastinah. 2019. Pengelolaan Risiko Pembiayaan di Bank Syariah. ADIL: Jurnal Hukum, 3(2), p. 408-428.

Downloads

Published

2022-12-07