Analisis Pelayanan Ibadah Umroh Pada Perusahaan Jasa Penyelenggara Umroh Di Kota Pekanbaru

Authors

  • Zulkifli Universitas Islam Riau
  • Muhammad Arif Universitas Islam Riau
  • Zulfadli Hamzah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9887

Keywords:

Ibadah Umroh, Perusahaan Jasa Penyelenggara Umroh, Pelayanan

Abstract

Pelaksanaan ibadah umrah dewasa ini bukan hanya sekedar ritual ibadah saja tetapi sudah mengarah sebagai gaya hidup, eksistensi diri dan komoditas industri. Penomena ini mengakibatkan banyaknya bermunculan perusahaan jasa penyelenggara umroh yang saling berkompetisi untuk menarik simpati masyarakat, kesemuanya belomba-lomba menawarkan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan berbagai kelebihan fasilitas yang berbeda untuk menarik perhatian masyarakat. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa interview (wawancara) kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengelola perusahaan jasa penyelenggara umroh yang ada di kota pekanbaru sebanyak 14 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perusahaan jasa peyelenggaraan umroh di kota Pekanbaru sudah memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan standar minimal yang telah di tentukan oleh pemerintah baik dari segi pelayanan administrasi, pelayanan konsumsi, pelayanan akomodasi dan tranportasi, pelayanan kesehatan. Penelitian ini juga menemukan beberapa factor yang mendukung dalam pelayanan ibadah umroh di antaranya adalah perusahaan memiliki gedung dan fasilitas yang lengkap, brand nama perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat, memiliki ustadz pembimbing dan karyawan yang terampil. Terdapat juga beberapa faktor yang menghambat dalam pelayanan ibadah umroh diantranya adalah jalur terbang yang jauh, modal yang di miliki sedikit dan tidak cukup, dokumen perizinan jamaah yang tidak lengkap, harga yang tidak terjangkau oleh semua kalangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaliq, Abdul. (2011). Manajemen Haji dan Wisata Religi. Semarang : Mitra Cendekia.

Hasibuan, Malayu S. P. (2003). Manajemen Dasar, Perngertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Herman, M., Normajatun, N., & Rahmita, D. (2019). Kualitas Pelayanan Haji Dan Umrah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1-8.

Nityasari, A. H., & Sutopo, S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Jamaah Umroh Tahun 2010-2012 (Studi Kasus Pada PT. Fatimah Zahra Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(2), 82-90.

Rusby, Z., Purwati, A. A., Arif, M., & Hamzah, Z. (2020). Analisa Kompetensi dalam Meningkatan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 3(2), 248-256.

Rusby, Z., Purwati, A. A., Arif, M., & Hamzah, Z. (2020). Analisa Kompetensi dalam Meningkatan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 3(2), 248-256.

Syaukani, Imam. (2009). Manajemen Pelayanan Haji di Indonesia. Jakarta : Publitbang Kehidupan Keagamaan.

Sukayat, Tata. (2016). Manajemen Haji, Umrah, dan Wisata Agama. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Subagiyo, Rokhmat. (2016). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta : Alim’s Publishing.

Solikin. (2014). Peranan PT. Silver Silk Tour & Travel Dalam Meningkatkan Pelayanan Jama’ah Haji Dan Umrah Di Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Soeharto, Irawan. (1999). Metode Research. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tjiptono, Fandy. (2001). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi.

Terry, George R. & Ruw, Leslie W. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusnani. Sutrisna, Endang. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Umroh Pada PT. Silver Silk Tour & Travel Pekanbaru. JOM FISIP, 5 (2), 1-17.

Wildayati, R. (2017). Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 17(2), 165-182.

Downloads

Published

2022-06-29