Revitalisasi Sistem Ekonomi Syariah Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah

Authors

  • Rusmiati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).9695

Keywords:

Revitalisasi, Ekonomi, Ekonomi Syariah

Abstract

Pada dasarnya karya ilmiah yang berjudul sistem ekonomi syariah membahas tentang tantangan-tantangan Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah, potensi-potensi yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah serta sejauh mana perkembangan ekonomi syariah yang telah di capai oleh Negara Indonesia.Tujuan penulisan karya tulis ilmiah adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi tantangan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah, mengetahui potensi-potensi yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah serta mengetahui sejauh mana perkembangan ekonomi syariah yang telah di capai oleh Negara Indonesia. Data bahan acuan pembelajaran bersumber dari buku-buku. Selain itu, informasi lebih luas diperoleh dari penelusuran di internet. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang masih menjadi tantangan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, namun bukan berarti penerapan sistem ekonomi syariah menjadi sesuatu yang mustahil. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak potensi dalam mengembangkan ekonomi syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, A. R., Mandiri, D. P., Astuti, W., & Arkoyah, S. (2022). Tantangan Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5(2), 352-365.

Astuti, D., Maulana, A., Bakhri, B. S., & Ramli, M. F. (2022). The Correlation of Islamic Principles in Economy and Tunjuk Ajar Malay Culture. Jurnal Lektur Keagamaan, 20(1), 259-288.

Arif, M., & Alfani, M. H. (2024). Strengthening of Human Resources and Assistance for Sharia-Based Micro Enterprises. JOURNAL INCLUSIVE SOCIETY COMMUNITY SERVIES, 2(2), 47-56.

Fathurrahman. (2011). Metode penelitian pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/moneter/pengembangan-ekonomi/cetak-biru/Default.aspx

https://www.iaei-pusat.org/memberpost/ekonomi-syariah/sejarah-ekonomi-syariah?language=id

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ini-beberapa-potensi-ekonomi-syariah-indonesia-bisa-menjadi-besar/

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Roadmap-Pengembangan-Perbankan-Syariah-Indonesia-2020-2025.aspx

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-tegaskan-komitmen-indonesia-jadi-pusat-ekonomi-syariah-di-2024/

Kahf, M. (1995). Ekonomi Islam (Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam), terjemahan dari The Islamic Economy: Analytical of the Funcioning of the Islamic Economic System. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Karim, A. (2008). Kata Pengantar untuk Buku Fiqih Ekonomi Keuangan Islam. Terjemahan dari Buku Ma La yasa’ at-Tajira Jahluhu karya Shalah Ash-Shawi dan Abdullah Al-Mushlih. Jakarta: Darul Haq

Mestika, Z (2001). Metode penelitian kepustakaan, Jakarta : Obor Indonesia

Prandawa, M. C., Jubba, H., NB, F. R., & Wardani, T. U. (2022). Perkembangan Ekonomi Islam Di Indonesia: Antara Peluang Dan Tantangan. Jurnal Istiqro, 8(1), 29-47.

P3EI. (2014). Ekonomi Islam. Yogyakarta: UII Press

Santi, M. (2019). Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia. Jurnal Eksyar: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(01), 47-56.

Standard, D. (2019). State of the global Islamic economy report 2019/20. Dubai International Financial Centre, 1-174.

Zulkifli, Z., Hamzah, Z., Alfani, M. H., & Arif, M. (2023). Service Quality on KPR iB Customer Satisfaction BRI Syariah Pekanbaru. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 8(SI14).

Downloads

Published

2024-06-30