Overview Industri Halal di Perdagangan Global

Authors

  • Rahmawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Husni Thamrin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zulfadli Nugraha Triyan Putra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9657

Keywords:

Industri Halal, Sertifikat Halal, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai industri halal di perdagangan global. Permasalahan yang sering terjadi pada industri halal yakni rendahnya jumlah produk-produk bersertifikat halal, regulasi pemerintah, dan sumber daya manusia yang minim pemahaman halal. Masalah-masalah tersebut harus ditemukan solusi dalam mengatasinya. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana perkembangan industri halal di perdagangan global. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan metode tematik. Data primer dalam penelitian ini yakni data yang diperoleh langsung dari sumber utama yaitu literatur-literatur yang membahas tentang industri halal di perdagangan global. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa Industri halal di perdagangan global mengalami perkembangan secara signifikan di setiap negara muslim, bahkan di negara non muslim sekalipun. Setiap negara memiliki lembaga dan regulasi khusus yang mengurusi sertifikasi halal terhadap suatu produk. Dan terus melakukan edukasi perbaikan kualitas sumber daya manusia. Saat ini halal menjadi tren global, banyak negara yang berlomba-lomba menjadi pusat industri halal dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mairinda, Astuti. (2021). Berkenalan Dengan Jaminan Produk Halal di Indonesia, Jakarta : Guepedia Publisher.

Evanirosa. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung : Media Sains Indonesia.

Hadi, Arifin. (2007). Membuka Cakrawala Ekonomi, Bandung : PT.Setia Purna Inves.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). KBBI Kemendikbud RI, Jakarta : Grafindo Press.

Maharani, LPPOM MUI. (2020). Bersinergi Dengan Perusahaan Bersertifikat Halal Menghadapi New Normal, Jakarta : Persada.

Nour, Athiroh, et.al. (2020). Potret Budaya Halal dan Industri Halal, Jawa Timur : Inara Publisher.

Puporini, Tati Handayani. (2021). Membangun UMKM Syariah Di Industri Halal, Yogyakarta : Deepublish Publisher.

Sukoso. et.al (2020). Ekosistem Industri Halal, Jakarta : Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Annisa, A. A. (2019). Kopontren dan Ekosistem Halal Value Chain. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 1-8.

Azam, M. S. E., & Abdullah, M. A. (2020). Global halal industry: realities and opportunities. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 47-59.

Fauzi, Karia., & Mokhtar. (2017). The antecedents of halal competency model: towards improvement of halal certification for smes products. International Journal of Business, Economics and Law, 14 (5), 18-28.

Ismail, R.M. (2015). Global Issues and Challenges for The Halal Food Industry, (Jakarta : International Cooperation Forum on Halal Food Certification), h. 124-133.

Khan, M. I., & Haleem, A. (2016). Understanding “halal” and “halal certification & accreditation system”-a brief review. Saudi Journal of Business and Management Studies, 1(1), 32-42.

Mohamad, & Backhouse, C. 2014. A framework for the development of halal food products in malaysia. Proceedings of the 2014 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 693-702.

Nurrachmi, R. (2017). The global development of halal food industry: A survey. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 11(1).

Ramlan, R., & Nahrowi, N. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 14(1).

Razalli, M. R., Yusoff, R. Z., & Mohd Roslan, M. W. (2013). A framework of halal certification practices for hotel industry. Asian Social Science, 9(11), 316-326.

Yusuf, A. H., Shukor, S. A., & Bustamam, U. S. A. (2016). Halal certification vs business growth of food industry in Malaysia. Journal of Economics, Business and Management. 4 (3), 247-251.

Zainuddin, N., Saifudin, A. M., Deraman, N., & Mahidin, N. (2019). Effect of Halal certification and labelling process on Halal supply chain performance. International Journal of Supply Chain Management, 8(4), 1075-1081.

Zulfakar, M. H., Anuar, M. M., & Ab Talib, M. S. (2014). Conceptual framework on halal food supply chain integrity enhancement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 121, 58-67.

Rusby, Z. & Arif, M. (2020). Development of Sharia Tourism in Riau Province Indonesia. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 9(1), 1-13.

Arif, M., Zulfa, M., & Purwati, A. A. (2020). Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 182-195.

Downloads

Published

2022-12-30