Etika Perniagaan di Dalam Al-Quran (Analisis Tafsir Ayat – Ayat Tijarah)

Authors

  • Diyaurrahman Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Muh Nashirudin Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Asiah Wati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9607

Keywords:

Etika Perniagaan, Tijarah, Tafsir Ayat Al-Quran

Abstract

Saat ini, perilaku masyarakat sering berlawanan dari ajaran agama, seperti merosotnya nilai etika dalam perniagaan. Bagi kalangan tersebut, perniagaan merupakan kegiatan yang semata-mata hanya untuk mencari laba sehingga meninggalkan nilai etika. Oleh sebab itu, maka dibutuhkan solusi terbaik untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Solusi terbaik bagi umat Islam atas apa yang terjadi, maka kembalilah pada ajaran pokok yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits. Allah menurunkan Al-qur’an adalah sebagai solusi utama bagi manusia untuk menjadikan sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tafsir ayat Al-Qur’an yang membahas tentang bentuk perniagaan dalam hal ini yaitu tijarah. Metode penlitian yang digunakan yaitu library research (penelitian pustaka), yang bersumber dari Al-Qur’an, tafsir ayat Al-Qur’an, buku, maupun jurnal ilmiah terkait tijarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tijarah dalam Al-Qur’an memiliki dua makna, yaitu sebagai interaksi antara hamba dengan Allah Yang Maha Esa, dimana tijarah ini adalah hasil timbal balik dari ketakwaan kepada Allah, serta makna kedua yaitu sesungguhnya dari tijarah itu sendiri, dalam arti kegiatan manusia dalam tukar menukar harta dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, T.A. (2012). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi. Bandung : Ciptapustaka Media Perintis

Al Maktabah Asy-Syamilah Al-Hadits

Al-Nasafi. (2004). Tafsir Al-Nasafi, Beirut: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah

Baidowi, A. (2011). Etika Bisnis Perspektif Islam. Jurnal Hukum Islam, 9(1).

Bertens, K. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Kanisius.

Darmawati, D. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al Qur’an Dan Sunnah. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 11(1).

Farroh, H. A. (2018). Fiqh Muamalah dari Klasik hingga Kontemporer, Malang: UIN Maliki Press.

Fauroni, L. (2003). Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Iqtisad, 4(1).

Ferdinand, N. (2021). Prinsip Perniagaan Menurut Islam: Sebuah Tinjauan Fiqih Untuk Muamalah Kontemporer. Al-Misbah, 2(1), 44-54.

Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).

Ihazair, Muhammad Abu Naim, Ziatol Diaya Ud-Deen Deab Mahmoud al-Zitawi, Pelaksanaan Kode Etika Tempat Kerja, Prosiding Seminar Falsafah Sains Dan Ketamadunan Bil 2 Jilid 2

Indriyani, S. N. (2011). “Tinjauan Fiqh Mua‟malah: Pengetahuan Masyarakat Banda Aceh Mengenai Akad Tabarru‟ Dan Akad Tijarah”, Feb. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Jasman, M. R. Kamarul Azmi Jasmi. (2020). Model Kepercayaan Berdasarkan Etika Perniagaan Islam dan Analisis Rangkaian Sosial, Prosiding Seminar Falsafah Sains Dan Ketamadunan Bil 2 Jilid 2

Lutfi, A. (2011). Penafsiran Ayat-Ayat Ekonomi Dalam Al-Qur’an (Mengungkap Makna Bai’Dan Tijarah Dalam Al-Qur’an). Holistik, 12(2).

Shihab, Muhammad Quraish. (2011). Tafsir al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.

Sudarti, Sri. (2018). Fiqih Muamalah Kontemporer. Sumatera Utara : FEBI UIN SU.

Downloads

Published

2022-12-30