Analisis Pengaruh Bunga Bank, Bagi Hasil, dan Pelayanan Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Bank Syariah (Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Reisa Nadika Markavia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9522

Keywords:

Bunga Bank, Bagi Hasil, Pelayanan, Persepsi Masyarakat

Abstract

Perkembangan bank syariah tidak ketinggalan dari bank konvensional. Dimana sistem bunga yang diterapkan oleh bank konvensional berjalan beriringan dengan bank syariah yang menerapkan nisbah bagi hasil. Ada beberapa penyebab dan permasalahan masyarakat belum menggunakan jasa bank syariah. Diantaranya adalah sikap netral atau keraguan masyarakat terhadap pengertian riba, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terutama yang didominasi oleh bank konvensional sehingga bank syariah masih dipandang lemah oleh masyarakat. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh bunga bank, bagi hasil, dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat mengenai bank syariah di Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat di Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 100 responden. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari variable bagi hasil (X2) dan pelayanan (X3) terhadap persepsi masyarakat mengenai bank syariah di Kabupaten Sidoarjo dan tidak terdapat pengaruh secara parsial signifikan dari variable bunga bank (X1) terhadap persepsi masyarakat mengenai bank syariah. Serta terdapat signifikan secara simultan dari variable bunga bank, bagi hasil, dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat mengenai bank syariah di Kabupaten Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Dialog Pemikiran Tentang Norma Riba, Bunga Bank, Dan Bagi Hasil di Kalangan Ulama. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(2), 247–264.

Andriani, G. F., & Halmawati. (2019). Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan Dan Budaya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1322–1336.

Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Suharyono (ed.); 1st ed.). Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Fandrinal, Trianto, B., & Pohan, M. E. S. (2020). Analisa Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Di Nagari Pintu Padang Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman). Al-Amwal, 9(1), 38–53.

Farwitawati, R. (2019). Persepsi Masyarakat Pekanbaru Tentang Perbankan Syariah Dan Penyebab Masyarakat Tidak Memilih Bank Syariah. Jurnal Daya Saing, 5(2), 73–87.

Hafnizal, V. M. (2017). Bunga Bank (Riba) Dalam Pandangan Hukum Islam. At-Tasyri’, 9(1), 47–60.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Kajian Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(1), 27–40.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). CV. Pustaka Ilmu.

Iffah, L., Abdullah, M. F., & Aini, Y. N. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79.

Imran, & Hendrawan, B. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Business Administration, 1(2), 209–218.

Majelis Ulama Indonesia. (2004). Fatwa MUI Bunga, Interest/Fa’Idah. In Himpunan Fatwa MUI (pp. 424–435).

Manggu, S. A. R., & Dalif. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah di Kabupaten Polewali Mandar. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 2(1), 16–21.

Marimin, A., Romdhoni, A. H., & Fitria, T. N. (2017). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 01(02), 75–87.

Munandar, E., Amirullah, M., & Nurochani, N. (2020). Pengaruh Penyaluran Dana Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan. Al-Mal: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(1), 25–38.

Oktarina, A., & Asnaini, A. (2020). Potensi Kontribusi Institusi Pendidikan Islam Terhadap Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 51.

Pasi, I. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, 1(2), 189–201.

Rahmany, S., & Asnita, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan, Profesi Dan Bagi Hasil Terhadap Persepsi Masyarakat Pada Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 69–84.

Solikhin, E. R., Muhyidin, S., & Pratiwi, I. E. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura). El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 46–58.

Suwarsi, A. A. (2017). Identifikasi Potensi Nasabah Baru Bank Syariah Ditinjau Dari Customer Switching Intention. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Isllam, 3, 1–23.

Syirfana, R. E., Nurhasanah, N., & Ibrahim, M. A. (2020). Analisis Fikih Muamalah terhadap Pemikiran M. Dawam Rahardjo Mengenai Bunga Bank. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 103.

Toyyibi, A. M. (2021). Pemahaman Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Melalui Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah Di Era Industri 4.0. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 03(01), 33–40.

Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah. At-Tawassuth, 2(2), 437–459.

Yuliana, I., Murtani, A., & Hutagalung, M. A. K. (2020). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Di Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara). Jurnal FEB, 1(1), 465–476.

Arif, M., Arsad, S., & Abdullah, M. B. (2022). The Effect Of Managerial Ability And Career Planning On Job Satisfaction And Its Impact On Employee Performance. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 3(1), 36-50.

Arif, M. (2019). The Effect of Managerial Competencies, Compesation and Career Planning Toward Employee Performance Through Job Satisfaction at PT. Bank BTPN Tbk Mikro Banking Division (MUR) Pekanbaru Branch. Journal of Management Info, 6(1), 17-21.

Downloads

Published

2022-12-30