Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Loyalitas Konsumen Pada Pedagang Komoditas Pangan Di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9470Keywords:
Komoditi Pangan, Karakteristik Konsumen, Etika Bisnis Islam, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak ditemukan pelanggaran dan kecurangan-kecurangan seperti tidak standarnya timbangan yang digunakan, kemudian masih dicampurnya barang dagangan dengan kualitas baik dan juga buruk yakni dengan mencampur barang dagangan dengan barang dagangan yang cacat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) karakteristik pedagang dan konsumen serta profil usaha pedagang di Pasar Cik Puan, (2) penerapan etika bisnis Islam di Pasar Cik Puan, (3) menganalisis tingkat loyalitas konsumen di Pasar Cik Puan, (4) pengaruh karakteristik personal konsumen dan penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas konsumen di Pasar Cik Puan (5) menganalisis startegi peningkatan penerapan etika bisnis Islam Pasar Cik Puan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey selama bulan Juni sampai dengan November 2021 berlokasi di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Data yang digunakan berupa karakteristik konsumen dan pedagang serta profil usaha, kemudian penerapan etika bisnis Islam, tingkat loyalitas konsumen. Guna mengetahui pengaruh karakteristik personal konsumen dan penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat loyalitas konsumen data dianalisis menggunakan Structrural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan (1) umur rata-rata pedagang 37,5 tahun, jenis kelamin laki-laki, pengalaman berdagang 9-12 tahun, jumlah tanggungan keluarga 3 orang, tingkat pendidikan 9-12 tahun dengan profil usaha jumlah tenaga kerja sebanyak 1 orang, luas kios 3 m2 dan 7,5 m2 dengan rata-rata memiliki izin usaha dan modal sendiri. Umur rata-rata konsumen 37,78 tahun, jenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan 12 tahun, pengalaman belanja 8-15 tahun, jumlah tanggungan keluarga 2-4 orang dan pekerjaan ibu rumah tangga. (2) penerapan etika bisnis Islam sudah dalam kategori baik. (3) tingkat loyalitas konsumen juga dalam kategori baik. (4) variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah adalah menutup aurat, bersih dan rapi, umur konsumen, pengalaman berbelanja, jumlah tanggungan keluarga dan rekomendasi pada pembeli lain atau calon pembeli sebesar 30% dengan uji kebaikan model dengan hasil baik. (5) Penerapan etika bisnis Islam sudah dalam kategori baik sehingga dibutuhkan upaya untuk mempertahankan dibandingkan dengan peningkatan.
Downloads
References
Agustin, H. (2021). Manajemen Keuangan Syariah. Jakarta: PT. Rajawali Press
Mardiyah, E. (2010). Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah di Pasar Tradisional Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tasikmalaya, Bandung.
Mufid. (2018). Maqashid Ekonomi Syariah. Malang: Empatdua Media.
Rais, M. (2018). Perilaku Pedagang Baju Batik Merek Ulfa di Pasar Beringharjo Yogyakarta dalam Menentukan Harga Jual Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.
Santoso, S dan F. Tjiptono. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sukarno, F. 2013. Kajian Ekonomi Islam Etika Bisnis Dalam Persepektif Ekonomi Islam. Bogor : Al Azhar Freshzone Publishing.
Saifullah, M. (2011). Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127-156.
Kurriwati, N. (2015). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Eco-Entrepreneur, 1(1), 48-55.