Strategi Pemasaran Usaha Produk Farmasi Masa Strategi Pandemi Covid 19 Di PT. Ferron Par Pharmaceutical (Studi Kasus Peningkatan Volume Penjualan Produk Farmasi)

Authors

  • Hamsal Universitas Islam Riau
  • Eva Sundari Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9453

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Distribusi, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Ferron Par Pharmaceuticals tentang produk, harga, distribusi dan promosi langsung dan digital dari target penjualan, realisasi penjualan serta capaian dengan jumlah pembeli yang terdiri dari cutumernya adalah rumah sakit, apotek dan klinik pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus peningkatan volume penjualan produk farmasi). Sumber data didapat dari manajer dan sales (medical representative)  PT. Ferron Par Pharmaceuticals, dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun jumlah responden pada penelitian ini sebanyak sembilan orang. Metode analisis uji keabsahan data pada penelitian ini menyesuaikan dengan karakteristik penelitian kualitatif, dengan memakai ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini adalah PT. Ferron Par Pharmaceutical dimasa pandemi berfokus pada dua cara strategi pemasaran yaitu Berfokus pada penggarapan tender vitamin di institusi dan swasta, berfokus aktif dalam presentasi produk dengan menggunakan flatform zoom meeting dan google meet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alyas, A., & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Jurnal Sosiohumaniora, 19(2), 114-120.

Arif, M., Zulfa, M., & Purwati, A. A. (2020). Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 182-195.

Azlina, N. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Pendanaan Terhadap Jumlah Nasabah PT. Bank Syari’ah Mandiri KCP Bengkalis. Bertuah: Journal of Sharia and Islamic Economics, 1(1).

Arif, M., & Ardiyan, B. (2019). Analisis Faktor Penempatan Jabatan terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Zaman Teknindo Pekanbaru. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 302-314.

Chamzah. (2009). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Ramayana Ciputat. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putra, Purnama. & Wiwik Hasbiyah. (2013). Teori dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(1), 108.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 206-217.

Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2).

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Supardi, S., Handayani, R. S., Herman, M. J., Raharni, R., & Susyanty, A. L. (2012). Kajian peraturan perundang-undangan tentang pemberian informasi obat dan obat tradisional di Indonesia. Indonesian Pharmaceutical Journal, 2(1), 20-27.

Downloads

Published

2022-06-24