Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Authors

  • Nasir Tajul Aripin Universitas Indonesia
  • Nur Fatwa Universitas Indonesia
  • Mulawarman Hannase Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9362

Keywords:

Layanan Perbankan Digital, Bank Syariah, Keuangan Inklusif

Abstract

Pandemi telah mempercepat transformasi digital di semua industri, termasuk lembaga keuangan. Kemunculan fintech dan bank digital telah memperkuat pentingnya menyediakan layanan perbankan digital yang mudah, tidak merepotkan dan nyaman terutama oleh bank tradisional. Perkembangan teknologi digital telah merubah pola kebiasaan masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan termasuk perbankan syariah. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah produk bank syariah dengan menggunakakan layanan digital dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi ekspektasi masyarakat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menguraikan dan menganalisis data dari hasil temuan di lapangan yang terdapat pada sumber yang diterbitkan instansi yang berwenang dan peneltian sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa layanan perbankan digital yang dipasarkan oleh bank syariah merupakan upaya mewujudkan produk bank syariah lebih kompetitif sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan syariah di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. (1997). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Atikah. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Inklusi Keuangan Syariah serta Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan di Indonesia. Tesis UIN Sunan Kalijaga. Diakses pada Februari 22, 2022 dari https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34870/1/1620310135

Arif, M., & Sugianto, M. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendirian Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Di Desa Tasik Serai Timur Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 3(1), 69-75.

Badan Pusat Statistik. (2021, Oktober 11). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020 (Telecomunication Statistics in Indonesia 2020). Diakses pada Maret 3, 2022, dari https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html.

Bank Indonesia (2021, Maret 31). Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2020: Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah. Diakses pada Maret 3, 2022 dari https://www.bi.go.id/id/LEKSI-2020/default.aspx

Bonang, D. (2017). Pengaruh Layanan E-Banking Terhadap Sikap Nasabah Bank Syariah Di Kota Mataram. Iqtishaduna, 8(2), 159-171.

Deloitte. (2021, Oktober 30). Digital Banking Maturity 2020 – How Banks are Responding to Digital (R)evolution? Deloitte Central Europe. Diakses pada Maret 10, 2022, dari https://www2.deloitte.com/ce/en/pages/financial-services/articles/digital-banking-maturity-2020.html

Fico, The Asian Bankers. (2021, Februari 28). Advancing New Experiences in Digital Banking Through Enhanced Features, A Secure Transaction Environment and Deep Personalisation. The Asian Banker Research. Singapore. Diakses pada Maret 10, 2022, dari https://www.fico.com/en/latest-thinking/market-research/advancing-new-experiences-digital-banking

Kementerian Perencanaan Pembangunan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018, Desember). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Diakses pada Februari 22, 2022, dari https://knks.go.id/storage/upload/1573459280-Masterplan%20Eksyar_Preview.pdf

Kementerian Perencanaan Pembangunan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2016, Juli). Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia. Diakses pada Februari 22, 2022, dari https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Policy_Paper/Masterplan%20Arsitektur%20Keuangan%20Syariah%20Indonesia.pdf

King, Bret. (2018). Bank 4.0 – Banking Every Where, Never at Bank. Marshall Cavendish International (Asia). USA: Pte. Ltd. Wiley.

Kinsey, Mc and Company. (2018). Asia’s Digital Banking Race: Giving Customers What They Want. Global Banking Practice.

Kinsey, Mc and Company. (2021). Future of Asia: The Future of Financial Services Changes in Asia's Consumer Markets Offer New and Diverse Opportunities for Growth. Sidney Design Studio.

Muhamad. (2015). Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Muhamad. (2018). Manajemen Keuangan Syariah - Analisis Fiqih dan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nurfalah, I., & Rusydiana, A. S. (2019). Digitalisasi Keuangan Syariah Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 11(1), 55-76.

Otoritas Jasa Keuangan. (2014-2021). Statistik Perbankan Syariah Indonesia (SPS). Diakses pada Februari 22, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Default.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2021, Februari 25). Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia. Diakses pada Maret 3, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Roadmap-Pengembangan-Perbankan-Syariah-Indonesia-2020-2025.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2021, November 2). Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan. Diakses pada Maret 3, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Dorong-Digitalisasi-Perbankan,-OJK-Luncurkan-Cetak-Biru-Transformasi-Digital-Perbankan.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2021, Juli 6). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2020 - Ketahanan dan Daya Saing Keuangan Syariah di Masa Pandemi. Diakses pada Maret 3, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2020.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2016, Desember 19). Panduan Penyelenggaraan Digital Branch. Diakses pada Februari 22, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Panduan-Penyelenggaraan-Digital-Branch-oleh-Bank-Umum.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2021, Desember 19). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. Diakses pada Maret 3, 2022, dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-SNLKI-2021---2025.aspx

Putra, Z. N. T., & Thamrin, H. (2022). Problematika Dan Dinamika Perbankan Syariah Di Era Globalisasi. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5(1), 34-40.

Radiansyah, I., & Priyadi, Y. (2016). Analisis Ancaman Phishing Dalam Layanan Online Banking. Jurnal Ekonomika Bisnis, 7(1), 2.

Dz, A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 10(1), 63-80.

Saputra, R. S., & Dewi, A. S. (2017). Peran Modal Sosial Sebagai Mediator Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Pada Kaum Muda Di Indonesia (Studi Kasus Pada Komunitas Investor Saham Pemula). Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun, 10.

Sukma, Yan Andriariza Ambhita dkk. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia (Strategi dan Sektor Potensial). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tahliani, H. (2020). Tantangan Perbankan Syariah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Madani Syari'ah, 3(2), 92-113.

Downloads

Published

2022-06-24