Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Authors

  • Nabila Veren Estefany Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9358

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, UMKM, Analisis SWOT

Abstract

Strategi pemasaran merupakan elemen yang sangat penting dalam mempromosikan produk usahanya agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan pendapatannya dalam usaha yang dijalankannya. Agar bisnis yang dilakukan dapat berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal tentu perlu dilakukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Setiap bisnis tidak lepas dari prinsip syariah untuk menghindari kecurangan atau kebathilan. Sebagaimana dalam Islam telah dijelaskan bahwa kegiatan muamalah diperbolehkan selama kegiatannya tidak menyimpang dari syariat Islam, maka segala bentuk transaksi dalam pemasaran diperbolehkan. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran syariah UMKM kampung Pia dan bagaimana dampak dari strategi pemasaran yang dijalankannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi lapangan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran syariah UMKM Kampung Pia sudah sesuai dengan prinsip syariah. Hasil analisis dari wawancara dengan beberapa informan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pendapatan ditinjau dari strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiah, A. N. (2018). Pengambilan Keputusan dalam Menetapkan Strategi Persaingan Usaha Pada UMKM “Warung Makan Bu Nursari” dengan Menggunakan Analisa SWOT. https://doi.org/10.31219/osf.io/uqrwg

Amalia, N. J. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Untuk Meningkatkan Pendapatan Penjualan (Studi Kasus UMKM Roti Ibu Novi).

Arliman S, L. (2017). Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.194

Asy, F., & Nim, A. R. I. (2020). Analisis bauran pemasaran syariah pada perkembangan nasabah bmt an-nur rewwin waru, sidoarjo tahun 2019.

Butarbutar, G. R. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Makanan Khas Di Kota Tebing Tinggi. JOMFekom, 4(1), 619–633. https://media.neliti.com/media/publications/125589-ID-analisis-dampak-pemekaran-daerah-ditinja.pdf

Dewi, P. M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rempeyek Ilham pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Jambi. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1378

Fitry, S., & Rosita, L. (2019). Pengaruh Munculnya Alfamart Terhadap Pendapatan Toko- Toko Kecil Di Desa Pematang Panjang Gambut. 18–27.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Media Nusa Creative.

Ilyas, F. (2021). Analisis Swot Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Dan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (Ppkm) Terhadap Dampak Ekonomi Di Tengah Upaya Menekan Laju Pandemi Covid-19. Jurnal AKRAB JUARA Volume 6 Nomor 3 Edisi Agustus 2021 (190-198), 6, 190–198. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1559

Jatmika, S., Aprilianto, T., & Prasetyo, B. P. T. (2017). E-Marketing Dengan Media Jejaring Sosial Untuk Peningkatan Omset Penjualan. Seminar Nasional Sistem Informasi 2017, 1(1), 646–654.

Kholifah, K. (2018). Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada Bisnis MLM Paytren (Studi Kasus Pada Mitra Paytren Cab. Semarang). Skripsi, 1–133.

Kumalasari, N. A. (2016). Perencanaan strategi promosi melalui analisis SWOT pada bisnis delicy. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(2), 225–234. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/145

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Prenadamedia Group.

Muali, C., & Nisa’, K. (2019). Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2),168–185. https://doi.org/10.21274/an.2019.5.2.168-185

Mun’im, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Pt. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo.

Ni Made Rustini. (2015). Analisis Posisi Bersaing dan Penentuan Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Nilai Penjualan Pada Perusahaan Kue Pia Sinardi Baturiti. Juima, 5(1), 63–71.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Book.

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix. Jurnal Khatulistiwa, 4(1), 73–86.

Oktafia, R. (2017). Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Di Jawa Timur. Badan Pusat Statistik Indonesia, h. 85-92. https://www.bps.go.id

Petri, M. M. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Umkm Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). Journal of Chemical Information and Modeling, 1–105.

Rif’an, M., Aisyah, S., Fatma, F., & Ferdiawan, F. (2019). Strategi Pemasaran Produk Khas Daerah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1),1–23. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.6.85-107

Rochmaniah, S. A., & Oktafia, R. (2021). Implementasi Pembiayaan Akad Murabahah dalam Upaya Peningkatan UMKM di KSPPS Permata Barokah Jaya Kelurahan Pandaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1038–1047. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2531

Sari, A., Farida, I., & Maulidah, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Anugerah Collection Brebes.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Kegunaannya. PT Grasindo.

Setiawan, L. H., & Budiastra, I. W. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Handmade Tas UMKM AKA di Kelurahan Bubulak Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 869–880.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling. CV. NATA KARYA. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Silfiana, V. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkm Krulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52371

Suryanti, E., Lesmana, H., & Mubarok, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 13(1), 60–72. https://doi.org/10.24905/permana.v13i1.117

Widjaya, P. G. (2017). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning Dan Marketing Mix Pada Pt.Murni Jaya. Agora, 5(1).

Downloads

Published

2022-06-30