Zakat Profesi dalam Meningkatkan Kemampuan Lanjut Studi Mahasiswa UMSIDA (Studi Kasus LAZISMU Cabang UMSIDA)

Authors

  • Yanuar Akbar Prakoso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9318

Keywords:

Zakat Profesi, Beasiswa, Maqasid Syariah

Abstract

LAZISMU UMSIDA memberikan harapan lanjut studi kepada mahasiswa UMSIDA yang kurang mampu dengan memberikan beasiswa UKT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penghimpunan dan penyaluran zakat profesi dan dampaknya dalam meningkatkan kemampuan lanjut studi mahasiswa UMSIDA dengan menggunakan indikator maqashid syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses penghimpunan dana terlaksana dengan baik, sedangkan dalam sistem penyalurannya digunakan untuk beasiswa Sang Surya dan kegiatan sosial lainnya. Program beasiswa LAZISMU atau beasiswa Sang Surya ternyata dapat meningkatkan lanjut studi mahasiswa UMSIDA dari segi penjagaan terhadap agama (Hifdzu Dien), penjagaan jiwa (Hifdzu Nafs), penjagaan akal (Hifdzu Aql), penjagaan keturunan (Hifdzu Nashl) dan penjagaan harta (Hifdzu Maal).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qaradhawy, Yusuf. (1997). Sari Penting Kitab Fiqih Zakat. Bogor.

Indrianti, A., Gassing, A. Q., & Asni, A. (2021). Efektivitas Pengelolaan Dan Penyaluran Dana Zakat Profesi Di Bidang Pendidikan Oleh Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Ybm Kanwil Bri Makassar). Qadauna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Keluarga Islam, 2, 1082-1094.

Aziz, M. Sholikah. (2014). Zakat Profesi Dalam Perspektif Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Dan Hukum Islam”. Jurnal Ulul Albab, 15(02).

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualiltatif Analisis Data. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fahrini, H. H., Haris, I. A., & Tripalupi, L. E. (2016). Efektivitas Program Penyaluran Dana Zakat Profesi Dalam Bentuk Pemberian Beasiswa Bagi Siswa Muslim Kurang Mampu oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kabupaten Tabanan Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

Https://lazismu.umsida.ac.id. n.d. “Https://Lazismu.Umsida.Ac.Id.”

Akib, Irwan. Suyanto. Bambang Setiaji. Gunawan Budiyanto, Dkk. (2021). Mengelola Perubahan. Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Komariyah, O. (2013). Analisis Implementasi Maqashid Syariah Pada Lembaga Pengelola Zakat Dalam Membangun Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 4(1).

Kusumastuti, Adhi, FT Tata Busana and Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Marimin, A., & Fitria, T. N. (2015). Zakat Profesi (Zakat Penghasila) Menurut Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(01).

Mujiatun, Siti. (2016). Analisis Pelaksaan Zakat Profesi: Upaya Pengetasan Kemiskinan Di Kota Medan. At-Tawassuth 1(1).

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Dalam Penelitian Pendidian Bahasa. Cakra Book.

Qardhawi, Yusuf. (2005). Spektrum Zakat Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Zikrul.

Raco, Jozef. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.

Selasi, D., Wahyudin, M., & Zakiyah, Z. (2019). Implementasi Pengelolaan Zakat Profesi terhadap Bantuan Beasiswa Pendidikan di Kementrian Agama Kabupaten Cirebon (Studi Kasus pada BAZNAS Kabupaten Cirebon). Maro, 2(1), 22-37.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryadi, N. (2021). Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 4(2), 10-17.

Wulandari, D. N., Santoso, B., & Athar, H. S. (2017). Etika Bisnis E-Commerce Berdasarkan Maqashid Syariah Pada Marketplace Bukalapak. Com. Jmm Unram-Master of Management Journal, 6(1).

Yusuf, A., & Masruchin, M. (2021). Analisis Optimalisasi, Transparansi dan Efisiensi Pengelolaan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 5(2), 146-153.

Downloads

Published

2022-06-30