Analisa Proses Bisnis Dan Model Bisnis Pada Platform E-commerce Syariah Salamin.Id

Authors

  • Putri Indah Permatasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9030

Keywords:

E-Commerce, Akad Salam, Business Model Canvas (BMC)

Abstract

Pesatnya perkembangan internet memunculkan inovasi konsep dan praktik dalam perdagangan secara elektronik atau disebut dengan e-commerce. Hal tersebut dapat menjadi peluang untuk mengoptimalkan implementasi model bisnis syariah dalam pengembangan platform e-commerce. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah platform e-commerce syariah Salamin.id. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana penerapan Bussines Model Canvas (BMC) pada platform e-commerce Salamin.Id. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara langsung melalui wawancara pada pihak Salamin.Id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan model bisnis yang ada pada e-commerce syariah Salamin.id yang menggunakan akad salam dan Bussines Model Canvas (BMC).  Dari penelitian ini akan digambarkan mengenai permodelan bisnis dari platform salamin.id dan bagaimana implementasi akad salam dapat dilakukan pada bisnis platform salamin.id. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pengembangan platform ecommerce harus memperhatikan model bisnisnya terlebih dahulu sehingga dapat mengetahui jenis akad apa yang harus diimplementasikan sesuai dengan nilai kepatuhan syariah. Hasil penelitian menunjukkan 9 komponen platform design yang menggambarkan aktivitas bisnis pada platform Salamin.id.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Sucipto, M. C. (2018). Analisis Transaksi Akad Salam Dalam Jual Beli Online. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 2(2), 11–17.

Astuti, D. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 13–26.

Dhinarti, L., & Amalia, F. (2019). “E-commerce Dalam Perspektif Fiqh Muamalat. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2(3), 162.

Fadli, A. (2016). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Akad As-Salam Dalam Transaksi E-Commerce. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, XV(1), 1–19.

Fauzi, T. S. R. A. L. (2021). Inovasi Standardisasi Marketplace Dalam Merespon E-Commerce Sebagai Upaya Menuju Caveat Venditor (Standardization Marketplace Innovation In Responding To E-Commerce Effort Towards Caveat Venditor Condition). Jurnal Legislasi Indonesia, 18(2), 272–281.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42.

Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11.

Muhammad, M. M. (2020). Transaksi E-Commerse Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisadi : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum, 2(1), 76.

Qori, D. El. (2020). Transaksi E-Commerce Berbasis Market Place: Antara Akad Salam Dan Gharar Perspektif Fiqih Madzhab Syafi`I). Jurnal Studi Islam, 16, 414–429.

Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas ( BMC ) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS :Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis, 9(79), 52–65.

Downloads

Published

2022-06-30