Konsep Ontologi dalam Ekonomi Islam

Authors

  • Desy Lidya Alsha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Husni Thamrin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2021.vol4(2).8503

Keywords:

Ontologi, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya perkembangan ekonomi Islam. Perkembangan ini dikarenakan kesadaran dari masyarakat muslim yang semakin tinggi untuk melaksanakan syariat Islam khususnya dalam bidang ekonomi, sehingga penting bagi masyarakat untuk mengetahui hakikat dari ilmu ekonomi Islam agar ilmu tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji mengenai ontologi ekonomi Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana konsep ontologi ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep ontologi ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dan metode yang digunakan adalah deskripsi dan analisa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat apa yang dikaji. Pendekatan ontologis dijadikan sebagai rujukan untuk menentukan hakikat dari ilmu ekonomi Islam. Ilmu ekonomi Islam adalah bagian dari ilmu fiqih muamalah. Ilmu ekonomi Islam membahas dua bidang ilmu secara bersamaan, yaitu ilmu ekonomi murni dan ilmu fiqih muamalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R. (2013). Perspektif Beberapa Ideologi Tentang Ekonomi (Sebuah Kajian Filsafat Ekonomi). At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 3(2).
Agriyanto, R., & Rohman, A. (2017). Rekonstruksi Filsafat Ilmu Dalam Perspektif Perekonomian Yang Berkeadilan (Kajian terhadap Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Ilmu Ekonomi yang Islami). At-Taqaddum, 7(1), 35-53.
Akbar, D. A., & Lidyah, R. (2013). Kajian Filsafat Ilmu Terhadap Ekonomi Islam. Nurani: Jurnal Kajian Syari'ah Dan Masyarakat, 13(1), 68-90.
Alam, Azhar. (2016). Perkembangan Ekonomi Islam: Perspektif Filosofis. Proceeding of International Conference On Islamic Epistemology, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Damsar, & Indrayani. (2016). Pengantar Sosiologi Perdesaan. Jakarta: Kencana.
Ismail, Muhammad. (2016). Menalar Makna Berpikir Dalam Al-Qur’an. Ponorogo: Unida Gontor Press.
Misno, Abdurrahman. (2020). Falsafah Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Muheramtohadi, S. (2018). Perbandingan Antara Filsafat Ekonomi Islam Dan Barat. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 10(3), 73-92.
Wikandaru, R., & Cahyo, B. (2016). Landasan Ontologis Sosialisme. Jurnal Filsafat, 26(1), 112-135.
Zaini, A. A., & Zawawi, A. (2019). Ekonomi Islam Dalam Konsep Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 14(2), 49-60.

Downloads

Published

2021-12-29