Anaisa Potensi dan Pengetahuan Karyawan Rumah Sakit Syafira Terhadap Zakat Penghasilan

Authors

  • Rizalul Fikri Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Iqra Annisa Pekanbaru
  • Budi Trianto Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Iqra Annisa Pekanbaru
  • Ade Chandra Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Iqra Annisa Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2021.vol4(1).8469

Keywords:

Rumah Sakit, Zakat, Pengetahuan, Potensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan karyawan Rumah Sakit Syafira terhadap zakat penghasilan dan mengetahui penghasilan yang wajib atau yang telah mencapai nisabnya untuk membayar zakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(Field Reseach), dengan pengumpulan data secara langsung melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan yang bekerja di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Responden dari penelitian ini sebanyak 158 orang, sedangkan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 260. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat dikemukakan bahwa hasil penelitian membuktikan bahwa variabel knowledge (pengetahuan) karyawan terhadap zakat penghasilan dibilang cukup, karena kurangnya sosialisasi tentang zakat penghasilan di Rumah Sakit Syafira dan hasil penelitian membuktikan bahwa variabel potency (potensi) zakat di Rumah Sakit Syafira dengan total Rp. 12.000.000 juta,
bisa dikatakan cukup baik. Penelitian ini ditujukan untuk para karyawan di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru agar para karyawan mengetahui zakat penghasilan dan para pembaca lainnya untuk bahan referansi kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, J. (2017). Analisis pengaruh kepatuhan membayar zakat terhadap keberkahan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 282-303.
Qardawi, Yusuf. (2005). Spektrum Zakat Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan, Terjemahan Sari Narulita. Jakarta : Zikrul Hakim.
Sulaiman, Sofyan. (2016). Legalistas Syar’i Zakat Profesi. Jurnal Syari’ah, 5 (1), 1-28.
Wibisono, Yusuf. (2015). Mengelola Zakat Indonesia Diskusi Pengelolaan Zakat Nasioanl dari Rezim Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 ke Rezim Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011. Jakarta : Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-06-30