Analisis Pendapatan Masyarakat Dan Bagi Hasil (Mudharabah) Terhadap Minat Masyarakat Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia tbk Cabang Pekanbaru

  • Wenny Desty Febrian Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Pendapatan Masyarakat, Bagi Hasil (Mudharabah), Bank Muamalat Indonesia

Abstract

PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru adalah salah satu bank syariah yang ada dikota Pekanbaru yang menerapkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendapatan masyarakat dan sistem bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung atau lebih dominan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan bantuan jawaban dari kuesioner dan kemudian diolah dengan SPSS seri 16, setelah itu membuat kesimpulan dari data yang diperoleh tersebut. Selain itu, metode wawancara juga dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan penulisan ini. Dari data yang ada, diperoleh hasil bahwa kebanyakan responden menyatakan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) mempengaruhi minat mereka untuk menabung. Sementara faktor-faktor lain hanya sedikit sekali mempengaruhi minat menabung. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio. M. (2001). .Bank Syariah dari Teori dan Praktek. Jakarta: Gema Insani
Kasmir. (2002). Bank dan lembaga Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
______. (2007). Manajemen perbankan. Raja Grafindo. Jakarta: Persada.
Sumarni, M. (2002). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty.
Sadono. S. (2000). Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Umar. H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Pustaka Utama.
Published
2018-12-31
Abstract viewed = 656 times
PDF downloaded = 604 times