Excellent Service dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(2).20644Keywords:
Excellent Service, Loyalitas Nasabah, Bank SyariahAbstract
Sumber daya manusia adalah faktor produksi yang paling menentukan dibanding dengan fasilitas atau perangkat lain yang ada di suatu perusahaan. Hal tersebut disebabkan perangkat yang serba canggih diperusahaan tidak dioperasikan oleh manusia. Suatu kegiatan perusahaan tidah dapat berjalan lancar tanpa sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan. Excellent Service merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh bank Syariah untuk mempertahankan nasabah BSI agar tetap loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mempertahankan loyalitas di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro dengan Excellent service. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang didapat dengan metode teknik kepustakaan yakni penulis mengumpulkan data melalui referensi, artikel, dan literatur yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa excellent service berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, terhadap loyalitas nasabah. kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, semua hubungan menunjukkan arah hubungan yang positif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan di bank syariah untuk mempertimbangkan loyalitas untuk mendapatkan nasabah baru ataupun mempertahankan nasabah yang sudah eksis.
Downloads
References
Febiola, V., Iqbal Fasa, M., & Suharto, P. (2023). Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Produk Tabungan Easy Wadiah Pada PT. Bank Syariah Indonesia Tahun 2022. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi (AMBITEK), 3(1), 97–104.
Hapsari, A. (2015). Pengaruh Excellent Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Pizza Hut Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 18(2), 85418.
Harun, M., & Rahman, T. (2023). Implementasi Hybrid Contract Pada Gadai Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembatu Batu Diponegoro Dalam Perspektif …. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 6(2), 588-598.
Hasbi, M. Z. N., & Widayanti, I. (2021). Analysis of Ijarah Contract Service Innovations in Sharia Banking Transactions. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting, 4 (1), 282–290.
Hilmi, A. N. I. (2024). Application of the Principle of Ikhtiyat in Murabahah Financing: A Case Study of BMT Malang, East Java. Journal of Lslamic Economics and Bussines Ethics, 1(3), 136–148.
Mabrukah, A. I. S. H. (2024). Transformation of Zakat Into Rotating Business Capital: A Sustainable Economic Empowerment Solution. Journal of Lslamic Economics and Bussines Ethics, 1(3), 163–175.
Nurul Rahmah Kusuma, H. N. (2024). Application of Principles and Rules for Non-Cash Transactions Using QRIS Services Maqāṣid Al-Sharīʿah Perspective. Journal of Lslamic Economics and Bussines Ethics, 1(3), 176–188.
Rahayu Ningsih, P., & Taufiqur, T. (2023). Analisis Prosedur Pembiayaan Produk Cicil Emas Bsi Dalam Upaya Meningkatkan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 935–946.
Silvia, M., Ariwibowo, P., & F, D. N. (2023). Terhadap Kinerja Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Cilandak. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 3(2), 115–122.
Saputra, G. G., & Sultan, Fadhilah, H. H. (2024). Online Customer Contribution Efforts to Increase Customer Satisfaction and Repurchase Intention on Sharia E-Commerce Platforms in Islamic Countries. Journal of Lslamic Economics and Bussines Ethics, 1(3), 146–162.
Widayanti, I., & Sari, S. W. H. P. (2023). The Role of DSN-MUI Fatwa in Indonesian Sharia Banking Development Flows in the Industrial Revolution 4.0. El-Qish: Journal of Islamic Economics, 3(1), 29–44.
Zidny, M., & Hasbi, N. ’. (2022). How Will Indonesia’s Remittance Value for The Next 5 Years Due to Covid-19? (Autoregressive Integrated Moving Average Approach). El-Qish: Journal of Islamic Economics, 2(1), 58–67.
Wathani, M. Z., & Kurniasih, A. (2015). Concept of Islamic Banking Service excellence By the Qur’an. Jurnal Nisbah, 1(1), 1–22.