Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Minat Masyarakat Sekitar Pantai Mutiara Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(2).19391Keywords:
Customer Experience, Customer Value, Minat Masyarakat, Wisata HalalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Experience dan Customer Value terhadap Minat Masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata halal DECORATION (Detached Coral Reef Education) di Pantai Mutiara, Trenggalek. Sebagai destinasi yang baru dikembangkan, Pantai Mutiara memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata halal edukatif yang tidak hanya menawarkan rekreasi tetapi juga memberikan edukasi tentang pelestarian terumbu karang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden yang pernah mengunjungi Pantai Mutiara. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Experience tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat, sementara Customer Value berpengaruh signifikan secara positif. Dengan demikian, dalam pengembangan destinasi wisata halal, aspek Customer Value harus lebih diperhatikan agar dapat meningkatkan minat masyarakat lokal dalam mendukung pengembangan Pantai Mutiara sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan dan ramah wisata muslim. Limitasi penelitian ini mencakup keterbatasan sampel yang hanya melibatkan 100 responden yang pernah mengunjungi Pantai Mutiara, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi untuk seluruh masyarakat. Selain itu, penelitian ini hanya menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, yang mungkin membatasi kedalaman pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat. Penelitian lebih lanjut dapat mengembangkan metodologi kualitatif untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam.
Downloads
References
Amin & Isfiandi. (2019). Effect of Product Variation, Price, and Customer Experience on Purchase Decision of Ceramic Mulia Tile at PT. Surya Asia Abadi in Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 4(1), 114–129.
Anggraini et al. (2023). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Warung Lesehan Pak Brodin. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(5), 373–384.
Aryani&Dudih. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 39–51.
Azhari, & Fanani, M. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.
Faris, A. (2016). Teknik sampling dalam penelitian sosial. Jakarta: Media Pendidikan.
Feriyadin, F., Saufi, A., & Rinuastuti, B. H. (2021). Pengembangan Pariwisata Halal Desa Setanggor. Jmm Unram - Master of Management Journal, 10(1A), 1–12.
Indra, D., Regita, & Purba, J. T. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan, Harga Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Bagi Kaum Millenial. Journal of Accounting & Management Innovation, 3(1), 14–35.
Ira Triyana Dewi, M. I. H. (2016). Pengaruh Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Kuliner Jawa Rantauprapat. JURNAL ECOBISMA, 469(3), 319–323.
Jui-Lung Chen. (2015). The Impact of Bed and Breakfast Atmosphere , Customer Experience , and Customer Value on Customer Voluntary Performance : A Survey in Taiwan The Impact of Bed and Breakfast Atmosphere , Customer Experience , and Customer Value on Customer Voluntary Perfor. 1665(October 2016).
Jumawar & Nurmartian. (2022). Pengaruh Customer Experience Dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Indihome (Pada Pelanggan Indihome Area Gegerkalong). Journal Competency of Business, 5(02), 102–111.
Lembayung & Sudrajat. (2022). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Revisit Intention di Objek Wisata Taman Lio Baheula Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 249–250.
Liu, Z., Building, C., Street, C., & Kingdom, U. (2003). Strathprints004105.Pdf. Journal Od Sustainable Tourism, 11(6), 459–475.
Musleh & Septia. (2024). Strategi Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Pengembangan Desa Wisata Pandean Kabupaten Trenggalek. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 4(1), 36–44.
Ningsih, K. S. W., & Sutedjo, B. (2024). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience Terhadap Purchase Intentiondan Terhadap Customer Satisfaction. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) Vol. 8 No. 1, 2024, 8(1), 339–352.
Pasarela, H., Soemitra., & Nawawi.Z.M. (2022). Halal Tourism Development Strategy in Indonesia. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 9(1), 14–26.
Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13–29.
Rahmawan, A., Luketsi, W. P., & Nurfadila, A. R. (2023). Penyuluhan Pengembangan Agroindustri Hasil Laut Pada Kelompok Sadar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Penyuluhan, 04(01), 40–47.
Riyan Pradesyah. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Rahuning). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 113–122.
Septian, & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33.
Subagio, H., & Logiawan, Y. (2014). Analisa Customer Value Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Bandar Djakarta Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(No. 1), 1–11.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Tasya, N. (2024). Sektor Penjaminan Halal Pada Industri Pariwisata. 4(1), 73–94.
Virgiawan, dkk, D. (2022). Pemberdayaan Objek Wisata Bukit Widodaren Desa Sendang Ijo Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 479–490.
Yusnia & Burhanudin. (2020). Costumer Experience, Diferensiasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pusat Grosir Solo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01).
Zaroh, Y., Rohman, A., & Madura, U. T. (2024). Analisis Destinasi Pantai Mangrove Sepulu Sebagai Aspek Wisata Halal di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).