Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzaki Dalam Membayar Zakat Di BAZNAS Kota Medan

Authors

  • Ibnu Khoir Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Salman Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).16486

Keywords:

Zakat, BAZNAS, Muzaki

Abstract

Persepsi Muzaki tentang zakat bertujuan untuk mengidentifikasi hal yang penting dalam membayar zakat di kota Medan, karena persepsi tentang zakat yang luas akan memberikan pengaruh terhadap minat Muzaki membayar zakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesignifikan faktor-faktor yang mempengaruhi Muzaki (variabel X) dalam membayar zakat (variabel Y). Subjek penelitian ini adalah Muzaki BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini termaksud penelitian field research. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel insidental dengan menyebarkan kuesioner sesuai karakteristik yang diberikan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hipotesis adalah prosedur yang didasarkan pada bukti yang dipakai untuk menentukan apakah hipotesis merupakan pernyataan yang wajar dan oleh karenanya diterima atau hipotesis tersebut tidak wajar dan oleh karena itu ditolak. Adapun hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi Muzaki (X) dalam membayar zakat di BAZNAS Kota Medan (Y) berpengaruh dan signifikan dikarenakan thitung > ttabel (18.511 > 1.661) dan taraf signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05). Dalam penelitian ini H0 ditolak artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap Muzaki, nilai R-Square sebesar 78,8% besaran sumbangan dalam membayar zakat dalam penelitian ini, sedangkan sisanya 21,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfajriyani, S., & Hasrun, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Muzaki Terhadap Keputusan Membayar Zakat di BAZNAS Kabupaten Sorong. At-Thariqah: Jurnal Ekonomi, 2(1), 54-73.

Amelia, L., & Murtani, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Muzaki Dalam Membayar Zakat (Studi BAZNAS Sumatera Utara). Jurnal FEB, 1(1), 195–205.

Amsari, S., & Nasution, S. (2019). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 1(1), 141–150.

Azid, A. A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat Muzaki dalam menunaikan zakat di Nurul Hayat Cabang Jember. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 8(2), 173-198

Afnan, N. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi: Baznas Kabupaten Lampung Utara) (Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Canggih, C., Fikriyah, K., & Yasin, A. (2017). Potensi dan realisasi dana zakat indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 1(1), 14-26.

Muhamad, R., & Ridlwan, A. A. (2023). Faktor – faktor yang mempengaruhi minat membayar zakat pada masyarakat Kabupaten Sidoarjo. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(1), 25–36.

Mulyana, A., Mintarti, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzaki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) KALTIM Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 3(4), 1–10.

Nabila, Akhiris. 2018. Pengaruh Pndapatan, Religiusitas, Kepercayaan, dan Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Muzaki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Nasution, E. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(2), 147-158.

Nugroho J. Setiabudi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian. Jakarta: Prenada Media.

Pristi, E. D., & Setiawan, F. (2019). Analisis Faktor Pendapatan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzaki Dalam Membayar Zakat Profesi. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(1), 32–43.

Qardawi, Y. (1988). Hukum Zakat. Jakarta: Litera Antarnusa

Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis faktor pendapatan, kepercayaan dan religiusitas dalam mempengaruhi minat muzakki untuk membayar zakat penghasilan melalui lembaga amil zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1(4), 308-315.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilenkapi perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta:Kencana.

Studi, P., Syariah, E., & Rahmah, F. (2022). Al-Muqayyad, 11–19.

Downloads

Published

2024-06-30