Fungsi Lembaga Kursus dan Pelatihan Dalam Pemberdayaan Peserta Perspektif Etika Bisnis Syariah

Authors

  • Deasy Maya Sari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • M. Nasor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ritawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).16359

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Etika Bisnis Syariah

Abstract

Peserta Kursus dan Pelatihan sebagai bagian dari pada masyarakat, perlu terus-menerus mengembangkan diri mereka sepanjang karier yang mereka lakukan dan tempuh. Dimana hal ini dapat dilakukan melalui lembaga kursus dan pelatihan menyediakan peluang untuk pengembangan profesional berkelanjutan, termasuk kursus lanjutan, sehingga membantu masyarakat tetap relevan dan lebih baik lagi dalam bidang mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum fungsi lembaga kursus dan pelatihan dalam pemberdayaan peserta melalui persfektif etika bisnis syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah literatur review dimana metode ini merupakan penelitian yang menggunakan sumber data sekunder yang berfokus pada implementasi etika bisnis dalam lembaga kursus dan pelatihan sebagai sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi lembaga kursus dan pelatihan dalam pemberdayaan peserta melalui persfektif etika bisnis syariah ialah dimana masyarakat, dalam hal interaksi sosial membutuhkan pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap berkembang menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten pada bidang keahliannya, sehingga akan berguna untuk meningkatkan taraf hidupnya. Dalam hal ini, lembaga kursus dan pelatihan mengedepankan etika bisnis Islam dengan dasar-dasar moralitas serta refleksi kritis dan rasional melalui norma-norma melalui dasar sifat shidiq, fathanah, amanah, tabligh serta istiqamah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrina, D. (2020). Manajemen Zakat Di Indonesia Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 201–212.

Anggraeni, I. M., Kadafi, M., Aflah, M. V. N., & Firzatullah, M. D. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Online. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(4), 165–175.

Aryaningrat, R. A. R., & Hidayat, A. N. (2023). Manajemen Pengorganisasian Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Cambridge Post Kecamatan Majalaya–Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 13–20.

Auni, L., & Johansyah, J. (2022). I Serahen Ku Tengku-Guru Sebagai Model Komunikasi Edukatif Berbasis Kearifan Lokal di Dayah As-Sirajy Kabupaten Aceh Tengah. Ta’dib, 12(1), 35–42.

Azmi, K. (2021). Etika Bisnis Islam Sebuah Pengenalan. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 55–65.

Arif, M., Hamzah, Z., & Putri, F. (2024). Peningkatan Kinerja Karyawan Bank Syariah Melalui Pemberdayaan Karyawan. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 7(1), 417-429.

Bastomi, A., Addiarrahman, A., & Zahara, A. E. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT Trimitra Lestari Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Suatu Tinjauan Etika Bisnis Islam). Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 436–457.

Daryani, R. D., Rukanda, N., & Ansori, A. (2023). Peran Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kursus Tata Busana Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Jelita Masa. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(3), 351–358.

Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17.

Faizal, F. (2015). Diskursus pemberdayaan masyarakat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(1), 35–51.

Fitria, F. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes. Adl Islamic Economic, 13–28.

Hamidah, H., Afifudin, A., & Alrasyid, H. (2023). PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PROMOSI PRODUK (Studi Kasus Proyek POWER CRISPY Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Batch 2). El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 3(2).

Hidayat, S., & Makhrus, M. (2021). Peranan Bank Wakaf Mikro dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Purwokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 577–586.

Ismayati, I., Musaddad, E., Humaini, A., & Syafar, M. (2022). Analisis Efektivitas Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Adenis Pada Yayasan Mengetuk Pintu Langit Di Kota Cilegon. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(1), 111–132.

Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 127–144.

Laila, D. A., & Salahudin, S. (2021). Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 100–112.

Murtafiah, N. H. (2021). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Nugraheni, F., & Desmawati, L. (2020). Manajemen Program Kursus Tata Rias Pengantin Solo Putri Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Widya Semarang. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 37–49.

Purwanti, R., & Pandansari, P. (2023). Manajemen Strategi Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dessy Kecamatan Bergas. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 226–239.

Qona’ah, I. (2023). Evaluasi kebijakan merdeka belajar pada satuan pendidikan formal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1421–1424.

Ridho, Z., Aisyah, S., & Mannan, A. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UKM Sate Khas Madura. ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 2(2), 88–99.

Rosidin, R., Widodo, W., & Aminah, S. (2020). Strategi Penyuluh Agama Dalam Pemberdayaan Muallaf Turi Kabupaten Sleman. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 1–28.

Shalsabila, I., Budianto, E. W. H., & Dewi, N. D. T. (2023). Pemetaan topik penelitian seputar akad kafalah pada industri keuangan syariah: studi bibliometrik VOSviewer dan literature review.

Sugianto, S. (2022). Pengembangan Baitul Maal Wat-Tamwil untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2177–2183.

Suryani, D. E., Marpaung, R., & Hia, N. (2020). Sosialisasi Uu Tenaga Kerja Di Lembaga Pelatihan Kerja (Lpk) Perhotelan Mitra Sauri. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(1), 103–107.

Wahyuningsih, S. (2022). Konsep etika dalam Islam. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(01).

Wawo, A., & Amiruddin, A. (2020). Corporte Social Responsibility dalam Perspektif Etika Bisnis dan Hukum Islam. Jurnal Mirai Management, 5(2).

Downloads

Published

2024-06-30