Pertumbuhan Industri Halal Berbasis Usaha Mikro Kecil (UMK)

Authors

  • Syahidin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • M. Nasor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Hermanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15736

Keywords:

Industri Halal, Usaha Mikro Kecil (UMK), Sertifikasi Halal

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia memiliki peluang yang sangat besar untuk berperan aktif dalam industri halal global. Melalui Usaha Mikro Kecil (UMK) yang menjadi tonggak perekonomian Indonesia, pemerintah membuat kebijakan sertifikasi halal terhadap pelaku usaha UMK sehingga mampu bersaing di pasar global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi gambaran mengenai pertumbuhan industri halal berbasis usaha mikro kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dimana data yang digunakan adalah data skunder yang diperoleh dari artikel ilmiah dan dokumen lainnya yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran UMK dalam perekonomian Indonesia sangat penting termasuk dalam perkembangan industri halal. Hal tersebut menjadi perhatian pemerintah sehingga melahirkan kebijakan sertifikasi halal untuk pelaku usaha baik perorangan maupun badan usaha. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah meningkatkan nilai jual produk Indonesia di pasar global meskipun dalam praktiknya masih terdapat kendala baik dalam pengembangan UMK sendiri maupun proses sertifikasi halal yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Farisi, S., & Fasa, M. I. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84.

Al Umar, A. U. A., Mustofa, M. T. L., Fitria, D., Jannah, A. M., & Arinta, Y. N. (2021). Pengaruh Label Halal dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 641-647.

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192-205.

Arif, M., & Alfani, M. H. (2024). Strengthening of Human Resources and Assistance for Sharia-Based Micro Enterprises. Journal Inclusive Society Community Servies, 2(2), 47-56.

Fathoni, M. A. (2020). Potret industri halal Indonesia: Peluang dan tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428-435.

Faturohman, I. (2019, August). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 882-893)..

Febriyani, D., & Elsa, E. (2022). Penguatan UMKM Upaya Peningkatan Industri Halal di Indonesia. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan, 23(1), 13-22.

Gunawan, S., Darmawan, R., Qadariyah, L., Wirawasista, H., Firmansyah, A. R., Hikam, M. A., ... & Ardhilla, M. F. (2020). Pendampingan produk umkm di sukolilo menuju sertifikasi halalan thayyiban. Sewagati, 4(1), 14-19.

Hariani, D. (2023). Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Halal di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi MH Thamrin p-ISSN, 2716, 3911.

Hida, F. T., Basalamah, R., & Nurhidayati, N. (2021). Analisis Manajemen Industri Halal Perspektif Ekonomi Islam. Reflektika, 16(1), 49-68.

Hidayati, T., & Primadhany, E. F. (2021). Perlindungan Hukum Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk Pangan (Studi terhadap Praktek di Kalimantan Tengah). Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 28(2), 373-395.

Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96-107.

Jakiyudin, A. H., & Fedro, A. (2022). Sehati: Peluang Dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku UMK Di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 182-194.

Kasanah, N., & Sajjad, M. H. A. (2022). Potensi, Regulasi, dan Problematika Sertifikasi Halal Gratis. Journal of Economics, Law, and Humanities, 1(2), 28-41.

Kusjuniati, K. (2022). UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global. Widya Balina, 7 (2), 462-468.

Ningrum, R. T. P. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Madiun. Istithmar, 6(1), 43-58.

Pardiansyah, E., & Abduh, M. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101-110.

Qoni'ah, R. (2022). Tantangan dan strategi peningkatan ekspor produk halal Indonesia di pasar global. Halal Research Journal, 2(1).

Rohaeni, Y., & Sutawijaya, A. H. (2020). Pengembangan Model Konseptual Manajemen Rantai Pasok Halal Studi Kasus Indonesia. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 15(3), 177-188.

Rusby, Z., & Arif, M. (2020). Development of sharia tourism in Riau province Indonesia. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 9(1), 1-13.

Saefullah, A., Ciptaningtyas, R., Kuraesin, A. D., & Anggraini, N. (2023). Pendampingan pelaku UMK dalam program Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) tahun 2022. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 4(1), 16-27.

Saputri, O. B. (2020). Pemetaan potensi indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2).

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan). Jurnal REP Vol, 4(1).

Sulistiani, S. L. (2019). Analisis maqashid syariah dalam pengembangan hukum industri halal di Indonesia. Law and Justice, 3(2), 91-97.

Thomson Reuters, DinarStandard. (2021). “State of the Global Islamic Economy Report 2018/19.” Dubai International Financial Centre. Retrieved from Https://Haladinar. Io/Hdn/Doc/Report2018. Pdf.

Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32-38.

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.

Wahyunti, S. (2020). Peran strategis UMKM dalam menopang perekonomian Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(2), 280-302.

Warto, W., & Arif, Z. (2020). Bisnis Produk Halal antara Peluang dan Tantangan, Problematika dan Solusinya. Al-Ulum, 20(1), 274-294.

Downloads

Published

2024-06-30