Pengaruh Religiusitas terhadap Niat Pembelian Produk Keuangan Syariah dengan Mediasi Literasi Keuangan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15476Keywords:
Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Niat Membeli, Produk KeuanganAbstract
Pertumbuhan produk keuangan syariah di Indonesia cukup menarik perhatian, hal tersebut karena niat membeli produk keuangan syariah masyarakat Indonesia yang relatif rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap niat membeli produk keuangan syariah dengan mediasi literasi keuangan syariah. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini merupakan masyarakat Jawa Timur yang beragama Islam dan sudah berpendapatan. Sampel yang digunakan sebanyak 346 responden, dengan teknik non-probality dalam mengambil sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli produk keuangan syariah. Literasi keuangan syariah secara signifikan memediasi pengaruh religiusitas terhadap niat beli produk keuangan syariah. Tetapi pengaruh langsung religiusitas terhadap niat beli lebih tinggi daripada melalui mediasi literasi keuangan syariah. Keterbatasan dalam penelitian ini terdapat pada sampel yang kurang merata di wilayah Jawa Timur.
Downloads
References
Adiyanto, M. R., Purnomo, A. S. D., & Setyo, A. (2021). Dampak tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk keuangan syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1-12.
Arif, M., Arsad, S., Abdullah, M. B., & Rusby, Z. (2023). Islamic Work Ethics at Islamic Banks in Riau Province, Indonesia. International Journal of Academic Reserach in Economics and Management Sciences, 12(3).
Utomo, S. B., Sekaryuni, R., Widarjono, A., Tohirin, A., & Sudarsono, H. (2021). Promoting Islamic financial ecosystem to improve halal industry performance in Indonesia: a demand and supply analysis. Journal of Islamic Marketing, 12(5), 992-1011.
Efendi, R. (2020). Faktor-faktor niat membeli makanan berlabel halal pada mahasiswa muslim Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 70-79.
El-Menouar, Y. (2014). The five dimensions of Muslim religiosity. Results of an empirical study. Methods, data, analyses, 8(1), 26.
Fauzi, R. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), 37-46.
Gustati, G., Rahmiati, D., & Sulastri, R. E. (2023). Literasi Keuangan Syariah Sebagai Pemoderasi Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Menggunakan Produk Keuangan SyariahJu. rnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 16(1), 100-109.
Hardisman. (2021). Analisis Partial Least Square Stuctural Equation Modelling (PLS-SEM) (1st ed.). Sleman : Bintang Pustaka Madani.
Hamzah, Z., & Arif, M. (2023). Peran Kepemimpinan Islam Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 6(2), 441-452.
Miatun, S. L., & Santoso, L. (2020). Pengaruh religiusitas terhadap gaya hidup konsumen muslim di ponorogo. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 2(2), 113-120.
Mustofa, M. A., Jannah, M. F., & Zaman, M. I. (2022). Persepsi Masyarakat dalam Kebijakan Merger Bank Syariah Indonesia Studi Kasus Kabupaten Tegal. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1), 207-216.
Nabila, N., & Kusnadi, I. (2020). Pengaruh Pemahaman, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Minat Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(1), 124–140.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153.
OJK. (2021). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2021. Ketahanan Dan Daya Saing Keuangan Syariah, 148. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2020.aspx
Olson, J. C., & Peter, P. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Sembilan). Jakarta : Salemba empat.
Puspitasari, V. E., Yetty, F., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Imbal Hasil, dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 122.
Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69.
Ulya, R. Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas dan Literasi Kuangan Syariah Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Purwokerto Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah. Skripsi, 1–111.
Utomo, S. B., Sekaryuni, R., Widarjono, A., Tohirin, A., & Sudarsono, H. (2020). Promoting Islamic financial ecosystem to improve halal industry performance in Indonesia: a demand and supply analysis. Journal of Islamic Marketing, 12(5), 992–1011.
Viki, O., Diansyah, R., Hidayati, A. N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., & Tulungagung, A. R. (2023). Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Di Jawa Timur. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(4), 411–420.
Yanti, N., & Ridayanti. (2022). Jurnal Ilmu Kompuer, Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1272–1281.
Yuniawati, A. L., & Asiyah, B. N. (2022). Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Invesasi Syariah (Studi Pada Mahasiswa MKS UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Jurnal Economina, 1(4), 829–840.