Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Genos Coffee Di Delitua

Authors

  • Diah Ananda Kharisma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Inda Fadhila Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14349

Keywords:

Strategi Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, Genos Coffee

Abstract

Genos Coffee merupakan salah satu Coffee Shop yang berada di Deli Tua yang saat ini masih bersaing dengan Coffee Shop lainnya. Untuk tetap bertahan Genos Coffee perlu model strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, dan dokumentasi dengan wawancara kepada pemilik Genos Coffee, dan pengelola Genos Coffee. Metode penelitian berupa deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari: Tahap pengumpulan data (evaluasi faktor eksternal dan internal), analisis SWOT, matriks strategi IFAS EFAS, dan diagram Cartesius. Hasil tabel IFAS dan EFAS didapatkan nilai IFAS sebesar 3.181818, dan skor untuk hasil EFAS sebesar 2,958333, dan apabila dikonversikan kedalam gambar diagram cartesius, maka hasilnya terletak di kuadran I, artinya Genos Coffee masuk kedalam fase (growth) yang ditunjukkan pada diagram cartesius dengan penerapan strategi Growth. Hal ini merupakan situasi yang menguntungkan, karena Genos Coffee memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan kelemahan untuk menghadapi tantangan. Dengan menentukan strategi alternatif yaitu memperluas dan meningkatkan pemasaran dengan menggunakan media teknologi yang menarik minat konsumen, melakukan inovasi produk, serta menerapkan harga yang kompetitif namun tidak merugikan Genos Coffee, ini merupakan kombinasi yang dipilih untuk penguatan strategi pemasaran sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif pada Genos Coffee. Adapun keterbatasan yang terjadi pada Genos Coffee ini adalah Genos Coffee belum mampu mengoptimalkan pemasarannya yang hanya menggunakan media sosial Instagram saja sebagai salah satu strategi pemasaran yang mereka lakukan sedangkan sekarang ini sudah banyak platform yang dapat meningkatkan pemasaran melalui kerjasama antara delivery online Sehingga hal ini akan dapat mengakibatkan Genos Coffee mengalami dampak turunnya tingkat penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Imamsyah, I., Banurea, S. A., Supardi, S., & Bimantaka, Y. (2023). Penerapan Transformasi Digital Melalui Tokopedia Seller Apps untuk Memperluas Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Pada Pelita Petshop Medan). Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6-11.

Aliyah, Z. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada CV Yudi Putra (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Arda, M. (2019). Meningkatkan keunggulan bersaing melalui analisis SWOT. PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 61-69.

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 188-194.

Dewi, L. Y. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kompetitif Pada Produk Simpanan Sukarela (Sirela) Di BMT Harapan Umat KCP. Sleko Pati. Oleh: Lusiana Yuslima Dewi1–23.”

Harahap, M. I. (2022). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Pada Taman Baca Spirit Book Dan Coffee Di Kota Medan. Asian Journal Of Management Analytics, 1(2), 89-96.

Hasanah, R., Nobelson, N., & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 514–531.

Huda, N., Hudori, K., Fahlevi, R., Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Irwan, M., Nasution, P., & Kamilah, K. (2020). Otentikasi Login Pengenalan Wajah untuk Digital Solusi Pembayaran di Masa Pandemi COVID-19. 48–51.

Kamaluddin, I. (2020). Analisis Swot Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada Pt. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342–354.

Mudrajad, K. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Natunis, R. I. (2019). Analisis Manajemen Pemasaran Rumah Produksi dan Promosi Alat Musik Tradisional Sasando. Jurnal Tata Kelola Seni, 4(2), 84–94.

Norenza, M. F., Rahma, T. I. F., & Nasution, M. L. I. (2021). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. El-Amwal, 4(2), 16–33.

Nurbaiti, N., Aisyah, S., Rahma, T. I. F., Rahmani, N. A. B., & Harahap, M. I. (2020). E-Commerce Trade In The Perspective Of Islamic Economy. Journal of Management and Business Innovations, 2(2), 6-12.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti, N. (2021). Revolusi industri 4.0: Peran teknologi dalam eksistensi penguasaan bisnis dan implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91-98.

Rachman, T. (2018). Strategi pengembangan pasar tradisonal. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Rahmi, F. E. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop AADK (Ada Apa Dengan Kopi) di Tegalsari Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (studi McDonald’s Ring Road). Jurnal media informasi manajemen, 1(4), 1-10.

Rizky, P. (2018). MODEL STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Prada Coffee Yogyakarta).

Roymon, P. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran, 9(2).

Sheila, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA EPIGRAF COFFEE BANJARBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Sunarto, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 191–205.

Tyoso, J. S. P., & Haryanti, C. S. (2020). Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM? (Studi Kasus UMKM Semarang). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 123.

Wadhi, M. M. P., & Ghosekar, P. H. An Analysis of Impact of Office Automation System on the Quality Improvement of College Admin Staff. Baldeo B. Kakde, 110.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Widajanti, E. (2014). Peran Strategi Operasi dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 14(1), 77–90.

Zhaarofah, I. (2019). Strategi Pemasaran Busana Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Kasus Pada Konveksi UD. Larasati Botoran Tulungagung).

Downloads

Published

2023-09-26