Pengaruh Kualitas Produk dan Penggunaan Label Halal Serta BPOM Terhadap Minat Beli Skincare Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Authors

  • Afiqah Luthfatul Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ahmad Afandi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14300

Keywords:

Kualitas Produk, Label Halal dan BPOM, Wardah Cosmetics, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi minat beli skincare mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, menemukan beberapa masalah seperti halnya mahasiswa masih saja membeli skincare yang tidak memiliki label Halal dan BPOM seperti skincare yang berkualitas rendah seperti terdapat kandungan merkuri yang sudah jelas tidak bagus untuk kulit, permasalahan selanjutnya mahasiswa membeli skincare yang terkandung merkuri karena efeknya instan dan harganya murah untuk mahasiswa. Penelitian ini didasari oleh preferensi pembelian pengguna terhadap salah satu produk kecantikan yaitu Wardah Cosmetics berdasarkan pandangan pengguna mengenai kualitas produk serta label halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kualitas produk, label halal, dan BPOM terhadap minat beli Skincare Wardah di kalangan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk mendukung penelitian yang sedang dilakukan sedangkan responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang tersebar sebanyak 286 orang. Data dari kuesioner yang gunakan menjadi bagian penting dalam analisis data yang dilakukan. Setelah menjalankan berbagai uji statistik, dapat dikatakan bahwa nilai thitung variabel label halal dan BPOM sebesar 6,888 > ttabel 1,968 dengan nilai signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Hipotesis ini diterima. Artinya keputusan untuk mendapatkan perhatian independen antara label Halal dan BPOM berpengaruh. Sedangkan variabel Kualitas Produk mempunyai nilai thitung sebesar 9,477 > ttabel 1,968 dengan nilai sginifikan sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima, yang berarti terdapat dampak antara kualitas produk terhadap minat beli secara persial. Adapun variabel Kualitas Produk Wardah Kosmetik terhadap minat beli jika nilai fhitung 325,31 > ftabel 3,027 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Sehingga terdapat dampak pengaruh minat beli produk skincare wardah berdasarkan mutu produk dan label halal dengan BPOM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ekmarinda, E. Y. (2022). Peningkatan Pemasaran Dengan Labeling Dan Pencatatan Akuntansi Untuk Produk Bagi Ukm Daffa. Progress Conference, 5(2), 245–253.

El-Farobie, F., Muharir, M., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Skincare Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus Di Klinik Elsha Kota Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(2), 115-124.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).

Kusnadi, M. (2019). Problematika penerapan undang-undang jaminan produk halal di indonesia. Islamika, 1(2), 116-132.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lasander, C. (2013). Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Maulida, L., & Dirgantara, I. (2019). Pengaruh Label Halal, Dukungan Selebriti, Dan Ulasan Melalui Media Elektronik Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Produk Kosmetik Wardah Di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Prasasti, C. A., & Ekawaty, M. (2022). Pengaruh Label Halal, Pendapatan, Harga Produk, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Hand Body Lotion (Studi Pada Mahasiswi Muslim Di Kota Malang). Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 140-155.

Purba, D. A. K. (2015). Peran Brand Community dalam Pembentukan Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(1), 17-24.

Sari, E. S., Heryanti, B. R., & Triasih, D. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Problematika Kosmetik Yang Tidak Terdaftar Dalam Bpom. Semarang Law Review (SLR), 1(2), 121–133.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.

Supriyadi, E. I., & Asih, D. B. (2020). Regulasi Kebijakan Produk Makanan Halal Di Indonesia. Jurnal Rasi, 2(1), 18-28.

Thousani, H. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk (Study Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 86-92.

Zulfa, I. (2017). Pengaruh persepsi label halal terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada produk Wardah Cosmetic: Studi pada mahasiswi fakultas ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Downloads

Published

2023-09-12