Analisa Pola Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Khaf (Studi Kasus Mahasiswi Se-Kota Medan)

Authors

  • Arnadila Dwi Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Isnaini Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14138

Keywords:

Perilaku Konsumsi, Generasi Milenial, Produk Fashion, Monzer Khaf

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana analisa pola perilaku konsumsi generasi milenial terhadap produk fashion perspektif monzer khaf (studi kasus mahasiswi sekota medan). Metode penelitian menggunakan metode studi kasus deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan langsung diberikan pertanyaan kepada subjek penelitian. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, menyajikan data baik melalui hasil wawancara maupun observasi peneliti terhadap informan, kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UINSU, UMA dan UNIMED telah menerapkan prinsip konsumsi Islami perspektif Monzer Kahf sebagai pola perilaku konsumsi terhadap produk fashion. Milenial di Indonesia, khususnya mahasiswa berprinsip konsumsi sesuai dengan ajaran Islam dengan mengedepankan rasionalisme konsumsi, keseimbangan konsumsi, barang Islami dan etika konsumsi. Penelitian ini hanya fokus pada kategori fashion untuk sikap dan perilaku konsumen yang diteliti sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasi ke seluruh kategori produk mewah lainnya. Di masa mendatang kategori produk dapat diperluas untuk meningkatkan generalisasi model riset dan hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anafarhanah, S. (2019). Tren busana muslimah dalam perspektif bisnis dan dakwah. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1), 81-90.

Arifuddin, A. (2019). Pakaian Muslimah dalam Perspektif Hadis dan Hukum Islam. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 17(1), 65-86.

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262.

Ariyadi, A. (2018). Bisnis Dalam Islam: Business in Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13-26.

Boone & Kurtz. 2020. Contemporary Marketing. 14th. Ed. United States: South-Western Cengage Learning

Corinna, A. N., & Cahyono, E. F. (2020). Pola Perilaku Konsumsi Generasi Millenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf : Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(2), 319.

Dhibah, P. F., Nizam, A., & Dianah, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa Pengguna Produk Kecantikan Korea Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Ekobis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 4(2), 1–12.

Fitri, N. A., & Basri, H. (2021). Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen pada generasi milenial di era pandemi covid-19 dengan pengetahuan ekonomi sebagai variabel moderasi. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 183-192.

Muslihah, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam (Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2014-2016) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Indriya, I., Faza, H., Nabila, A., Homsyah, S., & Azkia, K. (2021). Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Islamic Fashion. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(3), 437-446.

Huda, N. (2021). Implementasi Konsep Homo Islamicus Monzer Kahf Dalam Enterpreneurship Kiai Mahmud Ali Zain. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 121-134.

Dewi, C. C. (2016). Anteseden dan Konsekuensi Luxury Fashion Consumption pada Generasi Y (Doctoral dissertation, UNKNOWN).

Pratama, J. Y., (2019). Pemaknaan Pembelian Sebuah Barang Bagi Konsumen Compulsive Buying. Skripsi, tidakditerbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Rizkallah, E. G., & Truong, A. (2010). Consumptive behavior, promotional preferences, and shopping patterns of Hispanic Americans: an empirical perspective. Journal of Business & Economics Research (JBER), 8(4).

Solomon, M., Gary B., Soren A., Margaret K. H. (2021). Consumer Behavior : A European Perspective. 5th. Ed. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Wijaya, Y., (2020). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Produk Fashion pada Mahasiswi. Skripsi, tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Hidayat M, M. A. (2020). PENGARUH PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP POLA KONSUMSI WARGA DESA WAELAWI KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).

Hakim, I. M. (2019). Analisis Komparatif Pemikiran Fahim Khan dan Monzer Kahf Tentang Perilaku Konsumen. Skripsi--UIN Walisongo, Semarang.

Downloads

Published

2023-08-25