Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang Halal Kosmetik Safi

Authors

  • Frida Yanti Sirait Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mulyana Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chuzaimah Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).13654

Keywords:

E-Wom, Kualitas Produk, Pembelian Ulang

Abstract

Industri Halal terus-menerus menjadi isu penting secara global, termasuk di Indonesia khususnya kosmetik Produk Safi yang mengembangkan produk bersertifikat Halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-Wom dan kualitas produk terhadap pembelian ulang halal kosmetik safi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan software pengolahan data SPSS 26. Hasil penelitian yaitu Secara parsial, variabel E-Wom (X1) tidak berpengaruh terhadap Pembelian Ulang Halal Kosmetik Safi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t dimana t-hitung sebesar -0,270 dan nilai signifikan sebesar 0,789. Maka nilai signifikan > 0,05 (0,789 > 0,05) dan nilai thitung < ttabel (-0,270 > 2,682), Secara parsial, variabel Kualitas Produk (X2) berpengaruh terhadap Pembelian Ulang Halal Kosmetik Safi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t dimana thitung sebesar 4,628 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Maka nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,628 > 2,682), Secara simultan, variabel E-wom (X1) dan variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap pembelian ulang halal kosmetik safi nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung > ftabel (14.844 > 4,043) maka h3 diterima, artinya E-Wom dan kualitas produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap pembelian ulang halal kosmetik safi. Kesimpulan yaitu E-Wom tidak berpengaruh positif terhadap pembelian ulang sedangkan kualitas produk berpengaruh positif terhadap pembelian ulang. Disebabkan oleh keterbatasan waktu dan sumber daya, penlitian ini masih memiliki kekurangan dan membutuhkan penelitian selanjutnya yang lebih luas dan komprehensif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Frida Yanti Sirait, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Mulyana Fitri, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Chuzaimah Batubara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

References

Aufi, F. (2021). Halal cosmetics and behavior of Muslim women in Indonesia: the study of antecedents and consequences. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 3(1), 11–22.

Batubara, C., & Harahap, I. (2022). HALAL INDUSTRY DEVELOPMENT STRATEGIES Muslims’ Responses and Sharia Compliance In Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 16(1), 103–132.

Creswell, J. W. (2003). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (2nd ed.). In SAGE Publications.

Kadang, G. C., & Berlianto, M. P. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth Characteristics pada Repurchase Intention melalui Trust dan Perceived Usefulness sebagai mediasi pada Aplikasi Sociolla. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1519-1533.

Hidajat, K., & Damayanti, W. (2022). Pengaruh e‐satisfaction terhadap repurchase intention produk fashion dimediasi oleh electronic word of mouth (E‐WOM). Management & Business Riview, 6(2), 168–177.

Irfan, M. (2022). Peran Harga dan Kualitas Produk Bagi Konsumen Melakukan Pembelian Ulang di Toko Roti Primadona Surabaya. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(1), 31.

Kawalo, O., Wenas, R. S., & Rogi, M. H. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Etsuko Kitchen Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1340-1351.

Larasati, A., Hati, S. R. H., & Safira, A. (2018). Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim untuk Membeli Produk Kosmetik Halal. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 105–114.

Lestari, K. T., & Ratnasari, R. T. (2022). Pengaruh Experiential Quality Dan Experiential Value Terhadap Behavioral Intention Pada Kosmetik Halal. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(1), 106.

Madjid, S. S. (2022). Analisis Peluang, Tantangan dan Strategi Industri Halal di Indonesia (Pada Masa Pandemic Covid-19). JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 17–32.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Pratiwi, E. D., & Herwin. (2020). Pengaruh Variasi Produk dan Celebrity Endorsment Terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Produk Safi. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 8(4), 3825–3834.

Qoni, R. (2022). Tantangan dan strategi peningkatan ekspor produk halal Indonesia di pasar global. 2(1), 52–63.

Rakhi, H. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 21–38.

Rimayanti, R. (2022). Industri Halal Dan Muslim Kelas Menengah: Peluang Dan Tantangan. JEPP : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Pariwisata, 2(2), 64–74.

Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35.

Suhartanto, D., Dean, D., Sarah, I. S., Hapsari, R., Amalia, F. A., & Suhaeni, T. (2021). Does religiosity matter for customer loyalty? Evidence from halal cosmetics. Journal of Islamic Marketing, 12(8), 1521–1534.

Suryani, W., Subri, I. M., Rafiki, A., Tobing, F., & Hidayat, S. E. (2022). Overview of Halal Cosmetics in a Decade: A Bibliometric Analysis. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 14(1), 129–154.

Downloads

Published

2023-12-31