Analisis Potensi Digital Marketing pada UMKM Industri Halal
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13543Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Industri HalalAbstract
UMKM memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi setiap bangsa. UMKM juga memiliki potensi pasar yang sangat besar, khususnya pada industri halal di Indonesia. Namun di era modern ini, semua aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas UMKM di industri halal, perlu bersaing melalui digital marketing. Sehingga dirasa perlu adanya analisis kondisi dan potensi agar pelaku UMKM dapat segera melihat perlunya upaya yang harus dilakukan ke depan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi digital marketing UMKM industri halal dengan menggunakan metode SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian kepustakaan. Hasil kajian menemukan bahwa UMKM industri halal memiliki potensi besar dengan berbagai kekuatan dan peluang serta memiliki kelemahan dan ancaman yang harus dimitigasi. Meskipun telah banyak kebijakan dan program yang telah dikeluarkan pemerintah dalam rangka memberikan dukungan kepada pelaku usaha UMKM, namun pemanfaatannya perlu dilakukan secara optimal. Batasan penelitian ini adalah berfokus pada analisa UMKM Industri halal di indonesia secara fenomenologis dang dibedah menggunakan pisau analisis SWOT.
Downloads
References
APEC. (2020). Komersialisasi Kekayaan Intelektual untuk UKM.
Arif, M., & Alfani, M. H. (2024). Strengthening of Human Resources and Assistance for Sharia-Based Micro Enterprises. Journal Inclusive Society Community Servies, 2(2), 47-56.
Biro Komunikasi, L. I. (den 06 november 2021). UMKM Halal Go-Digital untuk Tingkatkan Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Masyarakat. Hämtat från ekon.go.id: https://ekon.go.id/publikasi/detail/3430/umkm-halal-go-digital-untuk-tingkatkan-perekonomian-nasional-dan-kesejahteraan-masyarakat#:~:text=Pengembangan%20industri%20halal%20perlu%20dilakukan%20secara%20inklusif%20dengan,siginifikan%20bagi%20peningkatan%20
Faizah, F. N. (2022). Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketin di era new normal. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 85-98.
Fathoni, M. d. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03).
Fuadi, A. S. (2022). Studi Literatur Implementasi Sertifikasi HalalProduk UMKM. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi(EMT), 118-125.
Harahap, I. F. (2023). Viral Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1448-1456.
KNEKS, K. N. (2021). UMKM Halal dan Ketahanan Ekonomi Indonesia. Jakarta: INSIGHT.
Kurniawan, P. h. (2019). Wisata Kuliner Halal: Suatu Tinjauan Strategis Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Dinamika ekonomi dan Bisnis, 16 (1), 1-11.
Mulyani, S. (2020). Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Sektor Industri Halal di Indonesia. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 13(2).
Novitasari, M. (2019). Optimalisasi Potensi Perbankan Syariah di Indonesia bagi UMKM Halal dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Majalah Ekonomi, 49-58.
Nur'aini, F. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif dan Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan dan Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Petticrew M., R. H. (2008). Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. In Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. John Wiley & Sons.
PPN/Bappenas, K. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Pratiwi, A. M. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1).
Pujiyono, A. R. (2014). Strategi Pengembangan Umkm Halal Di Jawa Tengah Dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesian journal of halal.
Sari, R. P. (2021). Analisis strategi pengembangan bisnis melalui matriks SWOT pada startup MakananHalal.id. Journal of Management and Bussiness Review, 18(3), 603-639.
Septiani, L. (den 22 February 2023). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia 212.9 Juta. Hämtat från Katadata.co.id: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/63f5d758a2919/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-212-9-juta#:~:text=Jumlah%20Pengguna%20Internet%20di%20Indonesia,%2D%20Teknologi%20Katadata.co.id
Yacub, R. d. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Manajerial : Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 19(2), 198-209.
Yanti, N. D. (2020). Analysis Of The Influence Of Halal Labeling And Digital Selling On Purchase Intention For Halal Cosmetics. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.
Zulfa, M., & Arif, M. (2020). Potensi Wakaf Tunai Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 173-184.
Zahra, A. d. (2019). Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2).