Konsep Negara dan Masyarakat Ideal Menurut Al-Farabi dalam Sudut Pandang Ekonomi

Authors

  • Nur Alisa Universita Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Siradjuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Misbahuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).13338

Keywords:

Negara, Masyarakat, Al-Farabi, Ekonomi

Abstract

Al-Farabi adalah seorang tokoh filsuf muslim terkenal dengan berbagai gagasan pada bidang ilmu pengetahuan. Hasil pemikirannya tertuang dalam berbagai karya seperti buku, makalah dan kritikan terhadap filsuf lainnya. Salah satu karya fenomenal Al-Farabi yaitu buku berjudul Ara Ahl al-Madinah al-Fadhilah. Buku ini mendiskusikan tentang politik, negara dan masyarakat berdasarkan sudut pandang Al-Farabi. Konsep tersebut dikorelasikan pada tatanan ekonomi yang dipraktikkan oleh masyarakat dalam negara yang cita-citanya untuk mencapai kebahagiaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep negara dan masyarakat ideal menurut Al-Farabi dalam sudut pandang ekonomi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu studi pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bentuk negara menurut Al-Farabi adalah al-Madinah al-Fadhilah, al-Madinah al-Jahiliyah, al-Madinah al-Fasiqah, al-Madinah al-Mutabaddilah, dan al-Madinah al-Dallah. Dari kelima konsep negara tersebut, negara yang paling diidamkan Al-Farabi adalah bentuk negara ideal (Al-Madinah Al-Fadhilah). Negara ideal merupakan negara yang tatanan masyarakatnya sadar akan tujuan hidup bernegara dan mampu mewujudkan cita-cita tersebut dengan mengedepankan kerjasama antar masyarakat dan negara. Cita-cita negara dan masyarakat ideal adalah mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Aktivitas ekonomi menjadi salah satu jalan meraih kebahagiaan dengan terpenuhinya kebutuhan ekonomi masyarakat. Kegiatan ekonomi didasarkan pada spesifikasi kemampuan masing-masing berlandaskan syariat Islam. Penelitian ini berfokus pada representasi keidealan suatu negara dan masyarakat sesuai yang diharapkan oleh Al-Farabi yang dinilai berdasarkan pada tingkat perkembangan perekonomiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badwi, A. (2019). Filsafat Al-Nafs, Fisafat Kenabian, Filsafat Al-Madinah, Filsafat Al-Fadilah Dalam Pandangan Al-Farabi (Suatu Kajian Terhadap Pokok-Pokok Fisafatnya). Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(2), 236-242.

Dja’far, A. B. & Yunus. (2023). Mengenal Tokoh Filsafat Muslim Dan Pemikirannya (1 Ed.; A. Hidayat, Ed.). Indramayu: Adanu Abimata.

Gunawan, E. (2021). Relevansi konsep negara dalam pemikiran al-farabi di masa indonesia sekarang. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(2), 88-102.

Habibah, A. N. (2019). KONSEP NEGARA IDEAL DALAM PEMIKIRAN AL-FARABI Telaah Kitab Ara>’Ahl Madi> nah al-Fad} i> lah. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf, 5(2), 134-152.

Hamzani, A. I. (2019). Homo Islamicus dan Imperfect State: Konsep Manusia dan Al-Madinah Al-Fadilah menurut Al-Farabi. AL-FALAH: Journal of Islamic Economics, 4(1).

Hamzani, A. I., & Havis, A. (2021). Politik Islam Sejarah Dan Pemikiran (1 Ed.; N. Khasanah, Ed.). Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Harahap, K. (2022). Sumber-Sumber Filsafat Islam Urgensi Filsafat Islam Serta Tokoh-Tokoh Filsafat Islam. JOSR: Journal Of Social Research Maret, 4, 277–284.

Izza, Y. P. (2021). Gagasan Adaptabel Al-Farabi dalam Politik Kenegaraan. Jurnal At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 10.

Kurniawan, P. (2018). Masyarakat Dan Negara Menurut Al-Farabi. Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial, 4(1), 101–115.

Manu, A. K., & Soraya, Z. (2021). Negeri utama Dan perannya dalam meraih kebahagiaan perspektif al-farabi. Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 7(1), 65-86.

Mutafarida, B., & Anam, C. (2020). Prinsip Ekonomi Syariah, Implementasi, Hambatan Dan Solusinya Dalam Realitas Politik Indonesia Terkini. Jurnal Ekonomi Dan Studi Kebijakan, 01(01), 1–13.

Mutiani, T. (2020). Negara Utama Menurut Al-Farabi (Konsep Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Bernegara Masa Kini). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 6(2), 29.

Muttaqin, J. (2022). Al-Farabi: Politik sebagai Jalan Kebahagiaan. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 14(2), 129-144.

Pramono, M. F., & Maulidia, R. (2022). Konsep Negara Utama dan Hubungannya dengan Kebahagiaan Menurut Al-Farabi. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1276-1291.

Rahem, Z. (2019). Jejak Intelektual Pendidikan Islam Generasi Salafiyah Dan Khalafiyah (II; A. S. Chamidi, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Sariding, D., & Rohmah, S. N. (2020). Konsepsi Negara Sejahtera Menurutal-Farabi. STAATSRECHT: Indonesian Constitutional Law Journal, 4(1), 89-108.

Sofyan, S. (2016). Peran Negara dalam Perekonomian (Tinjauan Teoritis Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam). Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 13(2), 288-314.

Subakti, T. (2019). Filsafat Islam (Sebuah Studi Kajian Islam Melalui Pendekatan Filsafat Al-Ghazali Dan Al-Farabi). Pancawahana, 14.

Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(1), 1–16.

Syalafiyah, N., Prodi, D., Tatanegra, H., Harianto, B., Akidah, D. P., Filsafat, D., … Dakwah, D. (N.D.). Konsep Teologi Dan Politik Al-Farabi. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/33759398,

Usmani, A. R. (2022). Ensiklopedia Tokoh Muslim. Bandung: Mizan Publishing.

Yamani, G. (2021). Tuhan, Nabi, Dan Negara Ideal “Telaah Atas Pemikiran Al-Farabi.” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(01), 1–30.

Yusuf, U. (2023). Psikologi dalam Epistemologi Islam (I). Jakarta: Kencana.

Zakariah, M. Askari, V. A. dan Z. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warahmah.

Downloads

Published

2023-12-31