Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519Keywords:
UMKM, Strategi Pemasaran, E-Commerce, SWOTAbstract
Strategi pemasaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya saing dalam suatu usaha. Saat ini banyak UMKM yang memasarkan produknya secara online dengan mengandalkan teknologi internet. Dalam kegiatannya, UMKM hanya perlu memasarkan produknya melalui media E-Commerce sehingga mudah untuk menarik minat konsumen. E-Commerce juga tidak memerlukan modal yang besar dengan adanya internet dan produk yang akan dipasarkan pada media E-Commerce. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran produk fashion sacara online pada UMKM di Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui bagaimana pemasaran secara online yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan juga menggunakan teknik SWOT. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa yang dilakukan oleh UMKM dalam memasarkan produknya dengan menggunakan media E-Commerce. Dalam memasarkan produknya UMKM harus menyiapkan product (Barang/Jasa), price (Harga), distribution (Distribusi), dan promotion (promosi) dengan adanya tahap tersebut UMKM dapat mempersiapkan diri dalam mengdapai pesaing yang memiliki produk yang sama sehingga dapat mengurangi resiko kerugian penjualan.
Downloads
References
Diniaty, D., & Agusrinal, A. (2014). Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman pandan. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11(2), 175-184.
Asse, Azlam, R., & Ambo. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi, 7(2), 219–231.
Arif, M., & Hamzah, Z. (2022). Analisis Pelayanan Ibadah Umroh Pada Perusahaan Jasa Penyelenggara Umroh Di Kota Pekanbaru. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 62-71.
Biasa, K. M., Tumbel, A., & Walangitan, M. D. (2021). Pemanfaatan Sistem Pemasaran Online Dan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Online Shop Manado). Jurnal EMBA, 9(2), 948–956.
Elsandra, Y., & Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil, Menengah berbasis Industri Kreatif melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1), 31–42.
Fadah, I., Vijonta, D. K., Sofianti, S. P. D., & Yuswanto, I. B. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Kasus: Meryva Shop di Kulonprogo, Yogyakarta). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 23. https://doi.org/10.19184/ejeba.v9i1.29241
Faiqoh, R. (2013). Analisis Strategi Pemasaran KPRS di Bank Muamalat Cabang Kudus. Jurnal Iqtishadia, 6(2), 279–291.
Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 261–283.
Gede Marendra, I., tabel Kata kunci, F., Pemasaran, B., Pembelian, K., Linear Berganda, R., & Hipotesis, U. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket (Alfamart Atau Indomaret). 1(3), 2598–2823.
Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial Perspektif Konvensional dan Kontemporer Edisi 2 (A. Suslia (ed.); 2nd ed.). Penerbit Salemba.
Heriyanto, I. (2016). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.
Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.
Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264.
Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economics, 3(1), 73–92.
Mukminin, M. A., & Latifah, F. N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(1), 54–72.
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15.
Prihatta, H. S. (2018). Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(1), 96-124.
Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26.
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 62–69.
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. www.queenova.com,
Setiawati, Ira; Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 343–347.
Sianipar, C. I., & Panjaitan, U. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Saluran Distribusi, Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Pt. Yasa Karya Indonesia Medan. Jurnal Creative Agung, 9(2), 102-120.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap perilaku online shopping: perspektif pemasaran agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87.
Winarto, H. (2011). Strategi pemasaran. Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto, 14(3), 23137.
Zulfa, M., & Arif, M. (2020). Potensi Wakaf Tunai Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 173-184.