Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Pada Restoran Hotel Syariah

Authors

  • Marina Zulfa Universitas Islam Riau
  • Ficha Melina Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10402

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Hotel Syariah

Abstract

Pengelolaan bisnis hotel syariah kini menjadi tren pariwisata dunia serta salah satu pasar yang menjanjikan. Dalam mencapai kepuasaan konsumen, hotel syariah harus menyediakan pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan pokok dan memberikan memudahkan kepada pengunjung hotel untuk mendapatkan makanan tanpa harus berpergian jauh keluar hotel. Maka dari itu hotel syariah seharusnnya menerapkan nilai-nilai syariah pada restoran yang mereka miliki, baik dari segi produksi, pemasaran dan pelayanan yang mereka sajikan untuk pengunjung hotel. Puncaknya adalah menerapkan etika bisnis Islam dalam semua aspek operasional yang dilakukan oleh restoran hotel syariah itu sendiri untuk mencapai kepuasan pengunjung hotel.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah restoran hotel syariah di kota Pekanbaru.  Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah implementasi etika bisnis Islam.  Hasil penelitian ini adalah restoran hotel syariah di kota Pekanbaru sudah menerapkan prinsip kejujuran, fatonah, transparansi.  Belum pernah ada tamu yang komplain tentang makanan dan minuman yang di  jual.  Sifat tablig juga sudah diterapkan di restoran hotel syariah di kota Pekanbaru karena selalu memberikan pelayanan yang baik kepada tamu yang salah satu salah satunya adalah dengan memberikan informasi tentang menu yang selalu berganti  setiap harinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran. (2010). Kementerian Agama RI

Afandi, M. Y. (2009). Fiqh Muamalah. Yogyakarta : Logung Printika.

Ginanjar, Ary. (2001). ESQ: Emotional Spritual Quotien. Jakarta : Arga.

Amalia, F. (2012). Pengaruh Pendidikan, Pengangguran dan Inflasi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) Periode 2001-2010. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), 158-169.

Astuti, D., Bakhri, B. S., Zulfa, M., & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Standarisasi & Sertifikasi Produk Halal di Kota Pekanbaru. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23-32.

Darussalam, A. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Hadis, Cet. I. Makasasar : Alauddin University Press.

Amalia, F. (2012). Implementasi etika bisnis islam pada pedagang di Bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2).

Djakfar, Muhammad. (2008). Etika bisnis Islami: Tataran teoritis dan praktis. Malang : UIN Maliki Press.

Mary, B. G. (2010). Foodservice Organization. Pearson

Markas, M. (2014). Urgensi Sifat Jujur Dalam Berbisnis. Pilar, 5(2).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaifullah, S. (2014). Etika Jual Beli Dalam Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(2), 371-387.

Rivai, Veithzal. (2012). Islamic Business and Economic Ethics: Mengacu pada al-Qur’an dan Mengikuti Jejak Rasulullah SAW dalam Bisnis, Keuangan, dan Ekonomi. Jakarta : Bumi Askara.

Qardhawi, Yusuf. (1997). Norma dan etika ekonomi Islam. Jakarta : Gema Insani Press.

Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.

Rusby, Z., Bahkr, B. S., Arif, M., & Nuraini, P. (2019). Analysis of Sharia Hotels Feasibility in Pekanbaru.

Downloads

Published

2022-12-30