Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10348Keywords:
BPRS, Strategi Pemasaran, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai strategi pemasaran Bank Pembiyaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo dalam meningkatkan jumlah nasabah. Teori yang dipakai dalam menganalisa adalah teori STP (segmentation, targeting, positioning) dan analisis SWOT dalam memperhatikan situasi serta keadaan pasar Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode kualitatif, serta menggunakan sumber data primer dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara yang selanjutnya dianalisa serta di tentukan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah BPRS Lantabur Tebuireng Sidoarjo menggunakan segmentasi pasar Bank pada segmentasi pasar investasi, serta targeting terletak pada kalangan menengah kebawah melalui maksimalkan kegiatan UMKM. Adapun positioning pada pasar BPRS Lantabur Tebuireng Sidoarjo memanfaatkan teori marketing Mix 4P, produk yang menarik nasabah, harga sesuai peraturan dan sistem, tempat yang strategis dan promosi dari brosur, personal selling, referensi dari nasabah. Pada analisis SWOT strategi pemasaran dapat menghasilkan sebuah alternatif strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Sidoarjo.
Downloads
References
Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59-66.
Arif, M., Zulfa, M., & Purwati, A. A. (2020). Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 182-195.
Supriyadi, D., & Delvina, A. (2018). Strategi Perbankan Syariah Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Ib Maslahah Di Bank Bjb Syariah Kcp Cianjur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 1-12.
Hasibuan, M. (2017). Strategi Pemasaran Produk Jasa Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kcp Sibuhuan. Intitut Agama Islam Negeri (Iain) Padangsidimpuan.
Hidayat, R., & Rahmat, R. (2018). Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran pada perusahaan server pulsa di Kota Batam (studi kasus pada CV. Star Pratama). Journal of Applied Business Administration, 2(1), 94-108.
Hidayat, Y. R., & Surahman, M. (2017). Analisis Pencapaian Tujuan Bank Syariah Sesuai Uu No 21 Tahun 2008. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 34-50.
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.
Ismawati, I. (2019). Peran dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakukang Kota Makassar. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 3(1), 70-82.
Karlina, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro Di Bri Syariah Kcp Mojoagung. Institut Agama Islam Negeri, Ponorogo.
Korengkeng, M. S. M., & Kawet, R. C. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1497-1505.
Mundir, A. (2020). Etika Bisnis Islam Pada Era Distrupsi. Jurnal Mu’allim, 2(1), 15-28.
Ninit Firdayanti, R. O. (2020). Implementation Of Ijarah In Efforts To Improve Farmer Welfare.
Noor, S. (2014). Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran daihatsu luxio di malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.–Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 14(2).
Nopianto, A., & Paningrum, D. (2014). Pengengembangan Laboratorium Bisnis Melalui Segmentasi, Targeting Dan Posisioning. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2).
Azizah, N., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2020). Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bojonegoro. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 16(1), 135-161.
Nurhadi, N. N. (2019). Manjemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Persepktif Ekonomi Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2).
Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada Pt. Arma Anugerah Abadi Medan. Retrieved From
Prasetia, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persaingan Dan Pertumbuhan Pasar: Budaya, Sosial, Personal (Suatu Literature Review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 442-462.
Prastiwi, Q. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Pabrik Roti Alfaris Bakery Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Putri, W. S. A. (2020). Strategi Pemasaran Tabungan Simpanan Pelajar Pada Bank Bri Syariah Kantor Cabang Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ramadani, D. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Di BRI Syariah KCP Lubuk Pakam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Indonesia, I. B., Bank, M. B., & Pustaka, P. G. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.
Indonesia, U. U. R. (2008). Nomor 21 Tahun 2008. Tentang Perbankan Syariah.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Sari, L. H. (2018). Analisis Strategi Marketing Mix Di Bmt Mitra Usaha Ummat Yogyakarta Dalam Perspektif Islam. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Lestari, S. (2016). Perbandingan perizinan dalam kelembagaan perbankan syariah dan konvensional. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 4(1), 145-162.
Supriani. (2020). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Nasabah (Study Pt. Bank Sulselbar Cabang Enrekang). Institut Agama Islam Negeri Parepare, Parepare.
Syahrudin, S. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Ar-Rahndi Pegadaian Syariah Dompu Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(3), 290-308.
Winarso, E., Gunanta, R., & Prayitno, Y. H. (2020). Analisis Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Bandung. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(1), 67-88.
Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : Jwem, 6(1), 1–12.
Zakiah, S. (2018). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Bmt Di Kota Bogor Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Zulfa, M., & Arif, M. (2020). Potensi Wakaf Tunai Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 173-184.