DESAIN DAN UJI COBA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN MENGGUNAKAN SCRATCH PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN MENGGUNAKAN SCRATCH

  • LAZULVA LAZULVA Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • asriadi asriadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Scratch, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya pembelajaran kimia yang bersifat abstrak dan kurang bervariasinya media pembelajaran khususnya media berbasis literasi sains, sehingga dibutuhkan suatu media yang mampu membantu siswa dalam memahami pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain video pembelajaran dengan bantuan aplikasi Scratch dan Kinemaster pada materi kesetimbangan  kimia yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk. Uji lapangan awal dilakukan di SMAN I Batu Hampar terhadap peserta didik kelas XI MIPA. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 85,8% dengan kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 91,2% dengan kategori sangat praktis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almira, R. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia .
Ariningtias, A. (2017). Efektifitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA . Journal of Innovatif Science Education.
Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro.
Bahriah, E. S. (2015). Peningkatan Literasi Sains Calon Guru Kimia Pada Aspek Konteks Aplikasi dan Proses Sains. EDUSAINS.
Emzir, P. D. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta: Rajawali Press.
Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Nila Muna Intana, W. H. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Scratch Pada Pokok Bahasan Hukum Oerstad. Unnes Physics Education Journal.
Nina Teja Suryani, B. A. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery Materi Sistem Pernafasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta . Jurnal Inkuiri.
Permanasari, A. L. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi . Edusains.
Rakhmawan, A. (2015). Perancangan Literasi Sains Berbasis Inkuiri Pada Kegiatan Laboratorium . JPPI.
Rina Endriani, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Video Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Siswa . Journal of Science Education .
Widiyaningrum, M. I. (2015). Efektifitas Media Scratch Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di SMA Teuku Umar Semarang . Unnes Journal of Biology Education.
Published
2021-11-06
Section
Articles
Abstract viewed = 152 times
PDF downloaded = 150 times