PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH LIMNOLOGI
Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Limnologi
DOI:
https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826Keywords:
Daring, Hasil Belajar Kognitif, LimnologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan hasil belajar kognitif Mahasiswa pada mata kuliah Limnologi selama Selama Pandemik Covid-19. Penelitian ini telah dilaksanakan bulan Mei- Juli Tahun Ajaran 2019/2020, di universitas Islam Riau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Prodi Biologi, Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas, penentuan sampel dengan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Penulis tidak membuktikan atau menolak hipotesis yang telah direncanakan. Akan tetapi penulis mengolah data dan mengkaji permasalahan dalam bentuk deskripsi yaitu tidak dalam bentuk angka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi yang berisi data hasil pemahaman kognitif siswa beserta nilai mahasiswa semester 4 kelas A. Hasil belajar kognitif mahasiswa diperoleh pada katagori sangat baik dengan persentase 53,33% dan baik dengan persentase 46,66. Hal ini membuktikan bahawa hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah limnologi Selama Pandemik Covid-19 memperoleh hasil yang sangat baik dan baik.