PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • lisa utami UIN Sultan Syarif kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5670

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Audio Visual Media, Learning Achievement, Hidrokarbon

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hidrokarbon di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest dan posttest. Teknik simple random sampling digunakan dalam penelitian ini, dengan siswa kelas sebelas MIA 2 (kelompok eksperimen) dan 3 (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes data awal berupa tes homogenitas, tes data akhir berupa pretest dan posttest, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengolahan data menunjukkan thitung sebesar 3,61 dan ttabel 1,669. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual terhadap prestasi belajar kimia, dengan koefisien pengaruhnya sebesar 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jahro, Iis Siti, Ridho, Dimas, 2015, Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), hal 80-86
Purwono, Joni, Sri Yutmini, Anitah, Sri, 2014, Penggunaan Media Audio-visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran UNS, Hal 127-144.

Kharismayani, Gusti Ayu Eka dkk, 2017, Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Kelas IX H SMP Negeri 2 Blahbatuh Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksa, Vol 9, No 2, Hal 247-256.
Khutni, Suwarli Is, dkk, 2017, Penerapan CTL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 3 Timang Gajah Pada Materi Hidrokarbon, Prosiding Seminar Nasional MIPA III, ISBN 978-602-50939-0-6, Langsa Aceh 30 Oktober 2017, Hal 135-140.
Nuraini, Desi, 2014, Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2013/2014, Jurnal Bioedukasi, Vol 5 No. 2, Hal 79-86.
Novalina, Kristha, dkk, 2015, Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 3 Kerobokan. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, No. 1.
Nurhidayah, dkk. 2016, Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa, Jurnal Pendidikan Fisika 4(1), Hal 162-174.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Santi, Nanda Aprilia Vena, dkk, 2016, Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 4(1), Hal 1-11.
Suprianto, dkk. 2016. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika. JPPI 2(2), Hal 166-175
Subana. 2010. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Ridwanulloh, dkk, 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana, Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1 No.1, hal 731-740.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles