ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE

Authors

  • Lisa Utami UIN SUSKA RIAU
  • Fitria Sepri Yeni
  • Zona Octarya

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17218

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa merupakan salah satu kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi termokimia menggunakan instrumen Four Tier Multiple Choice. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana sampel dalam penelitian diambil dengan teknik porposive sampling. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan Rasch Model. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 12 Pekanbaru yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes four tier multiple choice yang terdiri dari 20 soal, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa persentase pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA  1 SMAN 12 Pekanbaru pada materi termokimia yaitu pada kriteria paham konsep 38%, kriteria tidak paham sebesar 32%, kriteia miskonsepsi sebesar 27% dan kriteria error sebesar 3%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep termokimia kelas XI MIPA 1 SMAN 12 Pekanbaru masih kategori sedang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, N., Widhia Sabekti, A., & Raja Ali Haji, M. (2022). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Di Sma Negeri 1 Teluk Bintan Pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice. Student Online Journal, 3(1), 643–649.

Afifah, I. M., Irwandi, D., & Murniati, D. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Terhadap Konsep Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostic Four-Tier Multiple Choice. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 27–34. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.05

Alfiani. (2015). Analisis Profil Miskonsepsi Dan Konsistensi Konsepsi Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor. Seminar Nasional Fisika, IV, 29–32. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Asy, M., & Sukaisih, R. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep dan kesadaran metakognisi peserta didik pada materi struktur atom melalui pemodelan Improving students’ understanding of concepts and metacognition awareness on atomic structure material through modeling. Journal of Authentic Research, 1(1), 20. https://doi.org/10.36312/jar.v1i1.637

Firdaus, M., Rusman, R., & Zulfadli, Z. (2021). Analysis of Students’ Learning Difficulties on the Concept of Buffer Solution Using Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Chimica Didactica Acta, 9(2), 57–61. https://doi.org/10.24815/jcd.v9i2.25099

Frihanderi Aprita, D., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Menggunakan Four Tier Test Pada Siswa Sma 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 315–321.

Kurniawan, Y. dan Suhandi, A. (2015). The Three Tier-Test for Identification The Quantity of Students’ Misconception on Newton’s First Laws. Global Iluminators Publishing, 2, 313–319.

Kurniawati, Y. (2019). Metode Penelitian Bidang Ilmu Pendidikan Kimia. Cahaya Firdaus.

Roghdah, S. J., Zammi, M., & Mardhiya, J. (2021). Development of Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test to Determine Students’ Concept Understanding Level On Thermochemical Material Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Termokimia. 11(1), 57–74.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suleman, N., Lukum, A., Nuramna, Paputungan, M., & La Alio, K. S. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Termokimia Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Journal of Educational Chemistry, 5(2), 122–129. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Model Pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.

Vellayati, S., Nurmaliah, C., Sulastri, S., Yusrizal, Y., & Saidi, N. (2020). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 128–140. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715

Yasthophi, A., Soleman, P., Yasthophi, A., & Ritongga, S. (2019). Pengembangan Instrumen Test Diagnostik Multiple Choice Four Tier Pada Materi Ikatan Kimia. 3(1).

Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Sodiq Ibnu, M. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa. In Jurnal Pembelajaran Kimia OJS (Vol. 3, Issue 2).

Zulfadli, & Munawwarah, I. (2016). Identifikasi Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Edukasi Kimia, 1(1), 32–40.

Downloads

Published

2024-05-24

Issue

Section

Articles