ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR di SMA CENDANA PEKANBARU

Authors

  • Sinnoni Angraini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heppy Okmarisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12553

Keywords:

minat belajar, discovery learning, sistem periodik unsur

Abstract

Minat belajar peserta didik imbas terhadap kegiatan serta akibat belajar peserta didik, dan pemilihan contoh pula sangat penting pada pembelajaran sebab dapat memberi pengaruh atas minat belajar murid pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini artinya buat memahami minat belajar peserta didik memakai Discovery Learning di materi sistem periodik unsur pada Sekolah Menengan Atas Cendana Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di tahun ajaran 2022/2023 pada SMA Cendana Pekanbaru. Metode yang dipakai pada penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif menggunakan sampel 30 peserta didik. Instrumen yang dupergunakan merupakan angket, wawancara serta observasi menggunakan indikator minat belajar yakni, keterlibatan murid, ketertarikan murid, perhatian murid serta perasaan senang murid. Hasil analisis data menghasilkan bahwa 22 peserta didik dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 73% serta 8 peserta didik dalam kategori tinggi dengan persentase 27%. Empat indikator yg di uji menunjukkan bahwasanya keterlibatanpeserta didik 87%, perhatian peserta didik 87,7%, ketertarikan peserta didik 85,6% serta perasaan senang peserta didik 88,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., Rudibyani, R. B., & Sodya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Siswa. 6(2), 308–320.
Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas K1 Dalam Pembelajaran Synchronous. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 4(3), 337–347.
Dewi, A. E. R. (2022). Implementasi Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar. Indonesian Journal Of Learning Education And Counseling, 5(1), 9. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.31960/Ijolec.V5i1.1903
Junita, R. (2019). Analisis Minat Belajar Dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 7(2), 1–14. Https://Doi.Org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Kurniawati, Y. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Bidang Ilmu Pendidkan Kimia (2nd Ed.). Cahaya Firdaus.
Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60. Https://Doi.Org/10.25273/Jems.V1i2.143
Manggabarani, A. F., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pitumpanua Kab . Wajo ( Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur ) The Effect Of “ Blended Learning ” Models On Motivation And Student Achieve. Jurnal Cemica, 83–93.
Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Proceedings International Conference On Teaching And Education (Icote), 2(2), 262–266.
Murdiati, V., & Yerimadesi. (2019). Pengembangan Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Kelas X Sma. 1(2), 164–170. Https://Doi.Org/26565730
Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X. Prosiding Si Manis (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami ), 1(1), 123–127. Http://Conferences.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Simanis/Article/View/48
Puspitadewi, R., Saputro, A. N. C., & ... (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi …. Jurnal Pendidikan …, 5(4), 114–119. Https://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Kimia/Article/View/9361%0ahttps://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Kimia/Article/Download/9361/6929
Putrayasa, I. M., Syahruddin2, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ansiru Pai, 92–106.
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas Ix Smpn 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula (8th Ed.). Alfabeta.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. Https://Doi.Org/10.23887/Jpk.V3i1.20943
Sukendra, I. K. I. K. S. A. (2017). Instrumen Penelitian. In T. Fiktorius (Ed.), Journal Academia. Mahameru Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pt Kharisma Putra Utama.
Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i3.2804
Zein, M., & Miterianifa. (2016). Evaluasi Pembelajaran Kimia (Model Integrasi Sains Dengan Islam). Cahaya Firdaus.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles