PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI

Authors

  • Berliana Dwi Septiani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heppy Okmarisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12548

Keywords:

Media Pembelajaran, Construct 2, Pendekatan Scaffolding, Laju Reaksi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna pengembangan media pembelajaran menggunakan Construct 2 dengan pendekatan scaffolding pada materi laju reaksi yang tekriteria praktis, valid serta unik. Jenis penelitian ini ialah R&D memakai langkah 1-5 model peningkatan Borg & Gall: (1) pengkajian serta penghimpunan data (2) perangkaian, (3) perkembangan produk, (4) percobaan produk awal, serta(5) perbaikan produk. Pengkajian dilaksanakan terhadap semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di MAN 1 Pekanbaru kelas XII IPA. Instrumen penghimpunan data yang dipakai seperti angket uji praktikalitas, uji validitas serta uji respon siswa. Perolehan uji validitas ahli materi serta media didapat nilai sejumlah 91,19% (sangat valid). Uji praktikalitas guru didapat nilai sejumlah 93,42% (sangat praktis) serta uji respon siswa didapat nilai sejumlah 89,70% (sangat menarik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfar, A. M. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Chang, K. ., Sung, Y. ., & Chen, S. . (2001). Learning Through Computer-Based Concept Mapping With Scaffolding Aid. Journal of Computer Assisted Learning, 17(1), 21–33.
Indrani, N., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87–105.
Kurniawati, Y. (2021). Metode Penelitian Bidang Ilmu Pendidikan Kimia. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10.
Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3. Indonesian Journal of Computer Science, 1(1), 233–245.
Pranowo, M. I., Linda, R., & Haryati, S. (2021). Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Materi Laju Reakasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 43–47.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Silaban, R., & Sianturi, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(2), 191–200. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.24085
Sufiaty, A., & Cahyadhi, R. H. (2020). Learning Chemistry with the “Red and Ox” Game during Covid-19 Pandemic at SMAN 22 Surabaya. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 4(2), 102–106.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118.
Syam, B. M., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Construct 2 pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 114–121.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles