Workshop Pengenalan Aplikasi Scratch Sebagai Penunjang Pemahaman Materi Computational Thinking Untuk Siswa-siswi Man 2 Pekanbaru

Authors

  • Khairul Umam Syaliman Program Magister (S2) Teknik Informatika, Universitas Sumatera Utara
  • Shumaya Resty Ramadhani
  • Yuliska
  • Meilany Dewi
  • Dwi Listiyanti

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.12179

Keywords:

Computational Thinking, MAN 2 Pekanbaru, Pemrograman, Perangkat Lunak, Scratch

Abstract

Computational Thinking (CT) dikembangkan dari konsep dasar informatika (ilmu komputer) dengan cara mengabstraksi masalah lalu mengilustrasikan dan akhirnya mampu memberikan solusi yang optimal. CT adalah skill fundamental yang harus dimiliki oleh setiap orang di abad ke-21. CT pertama kali dibawa masuk ke Indonesia melalui Bebras Indonesia NBO pada tahun 2016. Kegiatan yang diangkat dalam PkM ini adalah implementasi CT pada MAN 2 yang berlokasi di Pekanbaru. MAN 2 Pekanbaru ingin membentuk siswa-siswi sekolahnya untuk mampu berpikir kritis dan terstruktur guna memecahkan permasalahan yang dihadapi. Salah satu solusi yang diambil adalah menerapkan pemahaman CT dengan memanfaatkan bantuan teknologi agar siswa-siswi dapat memahami alur solusi dengan lebih mudah. Perangkat lunak yang digunakan sebagai media visualisasi bernama Scratch. Scratch ini merupakan aplikasi sederhana yang tidak memerlukan pengetahuan Bahasa pemrograman, karena menerapkan konsep blok-blok kode yang hanya perlu disusun berdasarkan alur algoritma atau secara CT. Melalui PkM dengan tim dosen prodi Teknik Informatika di Politeknik Catex diharapkan dapat membantu terwujudnya proses pemahaman CT. Dengan terlaksananya PkM ini siswa-siswi MAN 2 Pekanbaru dapat mema kedepannya dapat memberikan solusi yang efektif, efesien, dan optimal baik itu dalam hal pendidikan maupun dalam kehidupan seharihari menggunakan visualisasi menarik menggunakan aplikasi Scratch.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bebras.or.id. (n.d.). Apa itu Berpikir Komputasional? Retrieved January 21, 2023, from https://bebras.or.id/v3/apa-itu-berpikir-komputasional/
Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). An Overview of Computational Thinking. International Journal of Computer Science Education in Schools, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.21585/ijcses.v3i1.53
Heard, J., Scoular, C., Duckworth, D., Ramalingam, D., & Teo, I. (2020). Critical Thinking: Definition and Structure. Australian Council for Educational Research, February, 1–7. https://research.acer.edu.au/ar_misc/38
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/38623
Kemdikbud.go.id. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kules, B. (2016). Computational Thinking is critical thinking: Connecting to university discourse, goals, and learning outcomes. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 53(1), 1–6. https://doi.org/10.1002/pra2.2016.14505301092
Lodi, M., & Martini, S. (2021). Computational Thinking, Between Papert and Wing. Science and Education, 30(4), 883–908. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00202-5
Maharani, S., Kholid, M. N., NicoPradana, L., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of. Infinty: Journal of Mathematics Education, 8(2), 109–116.
Maloney, J., Resnick, M., Rusk, N., Silverman, B., & Eastmond, E. (2010). The scratch programming language and environment. ACM Transactions on Computing Education, 10(4). https://doi.org/10.1145/1868358.1868363
Nurmuslimah, H. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Soal Berbasis Kebudayaan Islam dan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 78–84.
Sambasivam, G., & Opiyo, G. D. (2021). A predictive machine learning application in agriculture: Cassava disease detection and classification with imbalanced dataset using convolutional neural networks. Egyptian Informatics Journal, 22(1), 27–34. https://doi.org/10.1016/j.eij.2020.02.007
Scratch.mit.edu. (n.d.). About Scratch. Retrieved January 21, 2023, from https://scratch.mit.edu/about
Selby, C. (2013). Computational Thinking : The Developing Definition. ITiCSE Conference 2013, 5–8.
Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, A., Syukur, A., Hafidhoh, N., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99. https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.51
Syarifuddin, M., RIsa, D. F., & hanifah, A. I. (2019). GORLIDS (Algorithm for Life Kids): Upaya Meningkatkan Pola Computational Thinking Anak usia 4-6 Tahun secara Problem Solving, Terstruktur, Kritis dan Logis. 1–15. https://doi.org/10.31227/osf.io/v5r3c
Voskoglou, M. (2013). Problem solving, fuzzy logic and Computational Thinking. Egyptian Computer Science Journal, 37(1), 131–145. http://www.ecsjournal.org/Archive/Volume37/Issue1/8.pdf
Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Computer Science Handbook, Second Edition, 49(3), 33–35. https://doi.org/10.1201/b16812-43
Yasin, M. (2020). Computational Thinking Untuk Pembelajaran Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Researchgate, April, 0–11. https://www.researchgate.net/publication/340637723_COMPUTATIONAL_THINKING_UNTUK_PEMBELAJARAN_DASAR-DASAR_PEMROGRAMAN_KOMPUTER
Zahid, M. Z., Dewi, N. R., Asih, T. S. N., Winarti, E. R., Putri, T. U. K., & Susilo, B. E. (2021). Scratch Coding for Kids: Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking dan Computational Thinking pada Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 476–486. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Syaliman, K. U., Shumaya Resty Ramadhani, Yuliska, Meilany Dewi, & Dwi Listiyanti. (2023). Workshop Pengenalan Aplikasi Scratch Sebagai Penunjang Pemahaman Materi Computational Thinking Untuk Siswa-siswi Man 2 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 19–23. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.12179

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)