Indonesia

PENGARUH JUMLAH REVIEW DAN RATING BINTANG PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBE

Authors

  • Alya Rostia Alya

Abstract

ABSTRAK
Shopee adalah aplikasi Marketplace online untuk jual beli di ponsel dengan mudah dan cepat. Shopee menawarkan berbagai macam produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari jumlah review dan rating bintang pada marketplace shopee terhadap keputusan pembeli, studi kasus pada mahasiswa/i Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang pernah menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja secara online. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling dengan pendekatan accidental sampling dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah Review dan Rating Bintang secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Tetapi secara parsial variabel Jumlah Review dan Rating Bintang tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara online.
Kata Kunci : Jumlah Review, Rating Bintang, Keputusan Pembeli

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles