STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BATIK KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BATIK KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • kamil ahmad a:1:{s:5:"en_US";s:21:"universitas trunojoyo";}

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha mikro batik di kecamatan tanjung bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan  studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menjunjukkan beberapa kendala yang dihadapi oleh pengrajin batik dalam mengembangkan usaha mikro batik di kecamatan tanjung bumi antara lain 1) pemasaran batik, 2) penentuan harga, 3) Pegembangan motif batik, 4) teknologi 5) kurang kerjasama dengan stakeholder. Untuk itu strategi yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha mikro batik antara lain dengan meningkatkan penjualan melalui e-commerce baik nasional maupun internasional, membuat website sendiri untuk branding product, meningkatkan  kompetensi pengrajin batik, memberikan bantuan modal, diferensiasi produk, pengembangan produk batik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

Articles