STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BATIK KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BATIK KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha mikro batik di kecamatan tanjung bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menjunjukkan beberapa kendala yang dihadapi oleh pengrajin batik dalam mengembangkan usaha mikro batik di kecamatan tanjung bumi antara lain 1) pemasaran batik, 2) penentuan harga, 3) Pegembangan motif batik, 4) teknologi 5) kurang kerjasama dengan stakeholder. Untuk itu strategi yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha mikro batik antara lain dengan meningkatkan penjualan melalui e-commerce baik nasional maupun internasional, membuat website sendiri untuk branding product, meningkatkan kompetensi pengrajin batik, memberikan bantuan modal, diferensiasi produk, pengembangan produk batik.