Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Desa (Digides) Di Kantor Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu

Penulis

  • Silvia Agastha Universitas Islam Riau
  • Rijalul Fikri

Abstrak

Pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik merupakan bentuk inovasi agar berjalannya fungsi pelayanan pemerintah kepada masyarakat dengan harapan dapat memberi kepuasan, kemudahan serta mendorong pembangunan secara efektif, efisien dan optimal. Gap dalam penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu dilakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan aplikasi Anjungan Mandiri Digides di Kantor Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini ialah tangibel, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Metode penelitian ini ialah kualitatif dengan analisis deskriptif. Pemenuhan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam penggunaan aplikasi Anjungan Mandiri Digides terhadap masyarakat sudah cukup baik. Berdasarkan indikator tangibel, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, semua sudah dirasakan baik oleh masyarakat. Namun, hal yang perlu menjadi catatan adalah perlu adanya pelatihan dan sosialisasi penggunaan aplikasi agar manfaat adanya aplikasi akan lebih optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-26

Cara Mengutip

Agastha, S., & Fikri, R. (2024). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Desa (Digides) Di Kantor Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 400–408. Diambil dari https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/18259

Terbitan

Bagian

Articles