Efektivitas Pelayanan Pengurusan Surat Izin Mengemudi Di Kantor Riau Safety Driving Center Kota Pekanbaru

Penulis

  • Taufik Akbar
  • Sri Maulidiah

Kata Kunci:

Efektivitas, Pelayanan, Surat Izin Mengemudi

Abstrak

Pelayanan surat izin mengemudi (SIM) merupakan salah satu pelayanan dasar administratif yang penting. Penelitian ini menggunakan tiga kriteria mengukur efektivitas kerja organisasi menurut Siagian (1996) yaitu faktor waktu, faktor kecermatan, dan faktor gaya pemberian pelayanan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pemilihan informan memakai prosedur purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pengurusan surat izin mengemudi (SIM) di Kantor RSDC Kota Pekanbaru masih belum terlaksana dengan baik, karena  waktu pembuatan dan prosedurnya belum sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan, dalam hal kecermatan atau ketelitian masih kurang ketelitian  pegawai sehingga masih ditemukan banyak kesalahan yang dilakukan sehingga menimbulkan ketidak puasan pelayanan yang dirasakan oleh pihak penerima pelayanan. Untuk indikator gaya pemberian pelayanan bahwa cara pemberian pelayanan sudah melenceng dan tidak sesuai dengan SOP lagi dikarenakan dalam kepengurusan  ada yang menggunakan cara yang tidak seharusnya dilakukan dan itu salah satu pelanggaran baik itu masyarakat maupun pegawai itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

Akbar, T., & Maulidiah, S. (2024). Efektivitas Pelayanan Pengurusan Surat Izin Mengemudi Di Kantor Riau Safety Driving Center Kota Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 1(1), 327–333. Diambil dari https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/17447

Terbitan

Bagian

Articles