Efektivitas Sistem Penanganan Pengaduan Pada Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru

Authors

  • Nina Nirwana
  • Rendi Tri Afrianda

Keywords:

Efektivitas, Sistem, Penanganan, DPMPTSP

Abstract

Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru sistem penanganan pengaduan  atau program SP4N LAPOR yang ada di DPMPTSP Kota Pekanbaru belum tersosialisasikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi SP4N LAPOR yang  dibuat oleh DPMPTSP Kota Pekanbaru  dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam penanganan pengaduan masyarakat pada DPMPTSP Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Budiani (2007). Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Indikator  dari penelitian ini adalah ketetapan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan observasi ditemukan bahwa belum efektifnya sistem penanganan pengaduan pada pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru. Adapun faktor penghambat dalam penelitian ini dapat dilihat dari Pertama, kurangnya  informasi dan sosialisasi terkait pengaduan berbasis online atau SP4N LAPOR, Kedua  tidak adanya kontak person pelapor pengaduan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-04

How to Cite

Nirwana, N., & Afrianda, R. T. (2024). Efektivitas Sistem Penanganan Pengaduan Pada Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 1(1), 305–310. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/17444

Issue

Section

Articles