Kualitas Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir

Authors

  • Ade Sugianto
  • Sri Maulidiah

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kualitas pelayanan penerbitan kartu tanda penduduk elektronik pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Rokan hilir, adapun indikator yang digunakan penulis pada penelitian ini ada 5(lima) yakni; Reliability (Kehandalan), Responsive ( Ketanggapan), Assurance ,(Jaminan), Tangible (Berwujud), dan Empathy (Empati) dan tempat penelitian ini berlokasi di Disdukcapil kabupaten Rokan hilir dan penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dimana penulis melakukan penelitian langsung Ke Disdukcapil kabupaten Rokan hilir agar dapat penomena yang berasal dari fakta yang bersifat aktual, pada saat peneliti  dengan menggunakan tipe penelitian dengan wawancara, observasi dan dokumentasi teori yang di gunakan didalam penelitian ini yaitu teori zeithaml (1990;25). Adapun hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan yaitu didalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat masih kurangnya ketersediaan akses yang baik dikantor Disdukcapil kabupaten Rokan hilir seperti akses jaringan , ruang tunggu dan kurangnya ketersediaan blangko dan masih minimnya kesadaran pegawainya seperti masih meninggalkan tugasnya di jam kerja didalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam penerbit kartu tanda penduduk elektronik dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Rokan hilir. Berdasarkan pada berbagai pertemuan yang didapat penulis dilapangan serta dari kesimpulan peneliti ini Perlunya peningkatan disiplin pegawai agar tidak meninggal kan perkerjaannya didalam jam kerja.Sebaiknya diberikan penjelasan mengenai persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Disdukcapil kabupaten Rokan hilir.Sebaiknya pegawai harus tanggap dan respon terhadap masyarakat yang melakukan disetiap urusan terutama dalam pembuatan Pernebitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-20

How to Cite

Sugianto, A., & Maulidiah, S. (2024). Kualitas Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 1(1), 28–36. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/17099

Issue

Section

Articles