Implementasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) Pada Kantor Camat Tualang Kabupaten Siak

Authors

  • Farhan Sukmana Dr. Setyo Utomo., M.Si
  • Setyo Utomo

Keywords:

Implementasi, Pelayanan Administrasi Terpadu, kantor camat

Abstract

Berdasarkan RKPDes Desa Wonosari tahun 2024, terdapat sejumlah permasalahan dalam pelayanan publik, seperti kurangnya sosialisasi kebijakan yang menyebabkan sebagian masyarakat belum menerima informasi akurat. Pelayanan di kantor camat kurang optimal karena keterbatasan petugas, antrean panjang, serta camat yang sering tidak berada di tempat. Terdapat kesenjangan kompensasi antara pegawai honorer dan PNS meski memiliki beban kerja serupa. Selain itu, keramahan petugas dalam melayani masyarakat masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi dan hambatan Program Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di Kantor Camat Tualang, Kabupaten Siak. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi PATEN belum optimal karena banyak hambatan, seperti komunikasi yang kurang efektif, pelayanan lambat, kurangnya fasilitas, perbedaan sikap petugas, serta pelanggaran SOP pelayanan.

Kata kunci: Implementasi, Program Pelayanan Administrasi Terpadu, Dan Kantor Camat

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-07

How to Cite

Sukmana, F., & Utomo, S. (2025). Implementasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) Pada Kantor Camat Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 267–282. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/22167

Issue

Section

Articles