Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Koperasi Dan Ukm Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pemberdayaan UMKM Home Industry Bolu Kemojo Di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya)

Authors

  • Maulidia Eka Pratiwi
  • Khairul Rahman

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, UMKM, Home Industry

Abstract

Upaya pemberdayaan masyarakat harus dilakukan melalui 3 jurusan. Pertama, menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang. Kedua, memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh masyarakat. Ketiga, memberdayakan mengandung arti melindungi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Koperasi Dan UKM Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pemberdayaan UMKM Home Industry Bolu Kemojo Di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya) dan untuk mengetahui faktor penghambatnya. Adapun tipe penelitia ini menggunakan metode Kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling, dengan pertimbangan informan yang ditunjuk mengetahui serta memahami masalah topik penelitian yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat oleh Dinas Koperasi dan UKM di Kota Pekanbaru (studi kasus pemberdayaan UMKM home industry bolu kemojo di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya) telah dilaksanakan namun masih terdapat beberapa indikator pemberdayaan yang tidak terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan indikator pemberdayaan masyarakat oleh Dinas Koperasi dan UKM di Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-04

How to Cite

Pratiwi , M. E., & Rahman, K. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Koperasi Dan Ukm Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pemberdayaan UMKM Home Industry Bolu Kemojo Di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya). Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 1(1), 237–247. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/17436

Issue

Section

Articles