Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Es Teh Indonesia Cabang Jl. Delima

Penulis

  • Siti Intan Universitas Islam Riau
  • Septian Wahyudi Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa, mengetahui dan menjelaskan mengenai pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Es Teh Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan data dari 96 orang responden. Dimana pengumpulan data melalui penyebaran kesioner dan melakukan wawancara kemudian didapatkan data yang telah dianalisa menggunakan SPSS V.22. Hasil pengujian terhadap hipotesis, menunjukan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji f menunjukan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Hasil nilai koefisien determinasi dipengaruhi nilai koefisien R Square (R2) sebesar 0,302 atau 30,2% sedangkan sisanya sebesar 69,8% (100% ‒ 30,2%) dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siti Intan, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Septian Wahyudi, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Referensi

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sul-Sel: Global Research and Consulting Institute.

Faishol, M. L., Yogia, M. A., Prayuda, R., & Wahyudi, S. (2024). Evaluating Conservation Assistance Programs in the Anambas Islands Marine Protected Area Using the CIPP Model. International Journal of Sustainable Development & Planning, 19(4).

Febrida, A., Ridwan, H., & Nastiti, H. (2020, November). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Thai Tea Pada Generasi Millenial. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 500-513).

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania.

Hasibuan, M. S. (2019). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Indrasari, M. (2019:45). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur, Indonesia: Unitomo Press.

Kamaluddin, A. (2017). Administrasi Bisnis. Makassar: CV Sah Media.

Karamoy, A. (2011). Waralaba. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran jilid 2 edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management Fourteenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Munir, A., Prihatin, P. S., & Wahyudi, S. (2023). Penyalahgunaan Obat Batuk Di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 2(4), 784-788.

Mendo, A. Y., Niode, I. Y., & Kango, U. (2022). Pengantar Manajemen dan Bisnis. NTB: Hamjah Diha Foundation.

Ningrat AT, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Yotta Milk Cabang Talasalapang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Putri, B. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Putri, R. A., & Wahyudi, S. (2024, August). The Influence Of Fomo On Investor Investment Decision Making In Gen Z At Korea Investment And Securities Indonesia Pekanbaru. In International Conference On Law And Social Sciences.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.

Raintung, M. C. (2022). †Œpengaruh Kualitas Produk Dan Harga Minuman € Œboba Terserah†Di Kotamobagu Terhadap Kepuasan Konsumenâ€. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1644-1652.

Safri, I., & Wahyudi, S. (2024). Implementasi Penerapan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45 Pada Laporan Keuangan Masjid Di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4759-4765.

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya (UB Press).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis . Bandung: ALFABETA Bandung.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Suyono, Suyono, dkk. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di MCDonald’s Pekanbaru.” Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis 5.1 (2020): 70-84.

Terry, R. G. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tj, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba yang Dimediasi oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate, 5(12), 1566-1575.

Umami, R., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250-257.

Wahyudi, S., Ferdinand, A. T., & Sukresna, I. (2022). Big-Impact Innovation, Pentingkah Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Startup Di Indonesia? (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Wahyudi, S., Yogia, M. A., & Amrillah, M. F. (2023). Unlocking user-driven innovation and sustainable competitive advantage through partnership: An open innovation perspective. Scientific Papers of the University of Pardubice. Series D. Faculty of Economics and Administration, 31(1).

Wahyudi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. VALUTA, 7(2), 82-91.

Wahyudi, S., Sukresna, I. M., & Simatupang, R. A. (2022). Unlocking Potential Social Value Creation to Improve Digital Startup Performance: The Role of Government Institutional Support and Social Entrepreneurship. Scientific Papers of the University of Pardubice. Series D. Faculty of Economics and Administration, 30(1).

Wahyudi, S. (2020). Analisis Kebijaksanaan Saluran Distribusi Dan Promosi Pada Usaha Amplang Sa-Ijaan Kabupaten Kotabaru.

Wahyuningtyas, Y. F. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Franchise Minuman. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 24(2), 144–153. https://doi.org/10.32477/jkb.v24i2.150

Widyanti, R. (2019). Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) Jilid 1. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Agora, 5(1).

Yogia, M. A., Wicaksono, A., Wahyudi, S., & Munir, A. (2023). Peran artificial intelligence sebagai pengungkit produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah Di Desa Sei Simpang Dua Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 3(2), 891-896.

Yogia, M. A., Syafaruddin, Z., Wahyudi, S., & Suyastri, C. (2024). Tailoring Service Delivery Innovation Architecture: A Service-Dominant Logic Theory Perspective for Micro Small and Medium Enterprises. Media Ekonomi dan Manajemen, 39(1), 61-79.

Diterbitkan

2024-08-26

Terbitan

Bagian

Articles