Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Ratatia Handmade Pekanbaru)

Penulis

  • Corry Triwardani Izhar Universitas Islam Riau
  • Arief Rifai Harahap Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

E-Service Quality, Kepuasan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu E-service quality variabel bebas (X) dan kepuasan pembelian variabel terikat (Y). penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan E-Service quality terhadap kepuasan pembelian (studi pada pelanggan Ratatia Handmade Pekanbaru). Tipe penelitian ini adalah survey deskriptif dan metode penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 26. Populasi pada penelitian ini adalah Pelanggan Ratatia Handmade sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden. purposive sampling adalah teknik menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu, Dalam penelitian ini penelitian menyebarkan kuisioner secara langsung dan juga melalui google form kepada responden pelanggan ratatia handmade pekanbaru. Teknik analisis yang digunakan uji validitas,uji reliabilitas, uji t, uji koefisien determinan serta uji heteroskedastisitas Peneliti mendapatkan signifikan, berdasarkan pengaruh E-Service Quality berpengaruh signifikan dan bernilai positif terhadap variabel kepuasan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Corry Triwardani Izhar, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Arief Rifai Harahap, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Referensi

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo. Destriana, E., & RifaĆ¢, A. (2020). Pengaruh Keberadaan Objek Wisata Islamic Centre Terhadap Pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) Pematang Baih Pasir Pangaraian. VALUTA, 6(2), 118-137. Harahap, A. R. I., Susanti, D., & Basriani, A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Cabang Panam Kota Pekanbaru. Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 5(1), 67-72. Joesyiana, K., Zainal, H., Harahap, A. R. I., Yuzalmi, N., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Strategi Promosi Media Sosial Kelompok Wanita Tani Beringin Indah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1264-1272. Joesyiana, K., Anggraini, N., Harahap, A. R. I., & Mildawati, R. (2023). Entrepreneurship Education for the Youth to Support the Entrepreneurial Aspirations of the Younger Generation. Pasundan Community Service Development, 1(1), 19-24. Labibah, Zakiah. (2019). Pengaruh E-service Quality dan promosi daring terhadap keputusan pembelian melalui minat pembelian ulang pada pemesanan hotel di situs traveloka, Universitas Brawijaya, Malang. Maghfira, A., Joesyiana, K., & Harahap, A. R. I. (2023). Pengaruh beban kerja dan keselamatan kesehatan kerja (k3) terhadap kinerja karyawan pt. hokkan deltapack industri branch kampar. Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(1), 13-19. Suriyani, S., & Harahap, A. R. (2023). Pengaruh Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa terhadap Peningkatan Perekonomian Desa Lambangsari I, II, III Kecamatan Lirik Kabupatan Indragiri Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Wahyuni, Sri. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas, Universitas Institute Perbanas Jakarta. Wahyuni, S., Joesyiana, K., & Harahap, A. R. I. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Riau. ECo-Buss, 5(1), 297-308. Welmy, Messakh Hesty. (2016). Pengaruh Kualitas E-Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Traveloka Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening, Universitas Kristen Petra. Yuzalmi, N., Joesyiana, K., Basriani, A., Susanti, D., Wahyuni, S., & Harahap, A. R. I. (2024). Empowering PKK Group Mothers in Labuh Baru Barat Village as an Effort to Improve Economic Welfare of Households. Pasundan Community Service Development, 2(1), 7-12. Zikrilla, Z., & Harahap, A. R. (2023). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indah Logistik Cargo Cabang Teluk Kuantan. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(1), 40-57.

Diterbitkan

2024-08-26

Terbitan

Bagian

Articles