Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Survei Pada Toko Bening Kosmetik Pekanbaru)

Penulis

  • Ulpa Rizkiyah Dalimunthe Universitas Islam Riau
  • Eka Komalasari Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Bening Kosmetik Pekanbaru. Tipe penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini konsumen Shopee Toko Bening Kosmetik Pekanbaru yang berjumlah 96 orang. Data yang digunakan oleh penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut digunakan indikator dari variabel online customer review yakni kredibilitas sumber, kualitas argumen, manfaat yang dirasakan, valensi dan jumlah ulasan serta indikator dari keputusan pembelian yakni pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan penjual, jumlah pembelian, waktu pembelian dan metode pembayaran. Kemudian dalam teknik pengolahan data digunakan regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji T) dengan menggunakan SPSS 26. Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode statistik regresi linear sederhana Y = 20.812+0.840X yang menunjukkan pengaruh online customer review (X) terhadap Keputusan pembelian (Y) adalah positif. Dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha diterima, atau dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara online customer review terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Bening Kosmetik Pekanbaru. Besarnya koefisien determinasi adalah 0,401 (40,1%) yang artinya online customer review memberikan pengaruh sebesar 40,1% terhadap keputusan pembelian dan sebesar 59,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ulpa Rizkiyah Dalimunthe, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Eka Komalasari, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Referensi

Aditia, A., & Komalasari, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Innova Pada PT. Agung Toyota (AutomalL) SM. Amin Pekanbaru. VALUTA, 7(2), 61-72. Betaria, R., & Komalasari, E. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 2(1), 45-58. Komalasari, E., & Meirinasuri, D. (2023). Peningkatan Dan Pengembangan Fasilitas Rumah Tahfizd Al-Mahirah Di Kelurahan Tangkerang Selatan Kota Pekanbaru. Hawa: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 01-04. Komalasari, E. (2023). Peran Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Dalam Penguatan Ekonomi Keluarga Pada Era New Normal Di Kelurahan Tangkerang Utara Kota Pekanbaru. Jurnal Niara, 16(1), 80-88. Madjid, Rahmat. 2022. “Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Pengaruh Online Customer Review Dan Kualitas.” 14(2):525–40. Nurman, N., Kumalasari, E., Erlina, E., & Yuli, A. R. (2024). Dynamics The Zonation Policy System For Upper Secondary Student Admissions In Kampar District Riau Province. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 10(1), 20-30. Putri dan Lestari, Wuryaningsih Dwi. 2022. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta).” 11(1). Rahmawati, Anna Irma, Fakultas Ekonomi, Dan Bisnis, and Universitas Pgri. 2021. “Sejarah Artikel: Diterima Disetujui Dipublikasikan.” 1(1):18–23. Ratumbuysang, Ramadhana dan. 2022. “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace.” (Prospek I):157–66. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryani, Mufid, Nida Nusaibatul Adawiyah, and Erlin Beliya. 2022. “Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19.” 1(1):49–74. Utama, A. A., & Komalasari, E. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Emak CW di Kota Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(1), 26-39. Wulandari, S., & Komalasari, E. (2023). Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Impulse Buying Pada Home Industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti: Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Impulse Buying Pada Home Industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(3), 12-23.

Diterbitkan

2024-08-26

Terbitan

Bagian

Articles