Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9

Penulis

  • Serly Marsha Putri Universitas Islam Riau
  • Rosmita Rosmita Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Influencer marketing, Minat Beli Konsumen, Toko Sneakerspku9

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing terhadap minat beli konsumen pada toko sneakerspku9 di Jalan Cempaka, Padang Bulan, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jumlah 100 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier sederhana, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan data menggunakan SPSS versi 22 dapat disimpulkan bahwa influencer marketing (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada toko sneakerspku9. Dengan nilai t-hitung 23,313 > t-tabel 1,984 maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh influencer marketing (X) terhadap minat beli konsumen (Y) yang artinya semakin efektif influencer marketing yang diberikan oleh toko sneakerspku9 maka semakin tinggi pula minat beli konsumen. Dan koefisien determinasi atau r-square dengan nilai 0,847 artinya influencer marketing memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen pada toko sneakerspku9 sebesar 84,7% sedangkan sisanya 15,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Serly Marsha Putri, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Rosmita Rosmita, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Referensi

A. Shimp, T. (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Salemba Empat. Agustin, Nurul, A. A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01). https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243 Ilham, I. (2021). pengaruh influencer review pada instagram terhadap minat beli produk wardah mahasiswa prodi ekonomi syariah angkatan 2017. institut agama islam negeri palopo. Lengkawati, A. S. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Prismakom, 18(1), 35. http://www.jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/69 Lie, S. (2022). Pengaruh Influencer Marketing pada Instagram terhadap Brand Awareness Secondate di Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta. Narista, F. D, dan Indriya himawan, A. F. (2021). Pengaruh Sosial Media, Influencer Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Mahasiswa Manajemen, 2, 55–68. Rachmi & Hendrati. (2021). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Riset Manajemen Dan Bisnis, 1, 137. Rosadian, A. (2023). Marketing Influencer As a Digital Marketing Strategy. Selaksa Media. Simbolon, P. (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Di Aplikasi Shopee. Universitas HKBP Nommensen. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.

Diterbitkan

2024-05-27

Terbitan

Bagian

Articles